IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI KOTA PONTIANAK

Main Article Content

Evlin Marpaung Ami nuyati Yusawinur Barella Sri Buwono Hadi Wiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam implementasi sikap toleransi pada peserta didik pembelajaran IPS kelas VII di Kota Pontianak dan hasil implementasi sikap toleransi pada peserta didik pembelajaran IPS kelas VII di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa guru IPS dan lima peserta didik kelas VII . Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan datanya adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi yang menggunakan kamera. Hasil penelitian ini menemukan : 1) guru IPS sudah berupaya dalam implementasi sikap toleransi pada peserta didik kelas VIID dengan berperan sebagai motivator, pengelola kelas, fasilitator, demonstrator, mediator dan evaluator. 2) hasil dari implementasi sikap toleransi pada peserta didik masih belum optimal karena kurangnya kesadaran diri pada peserta didik untuk menumbuhkan sikap menerima perbedaan dan menghargai orang lain, sedangkan untuk sikap menghormati orang lain sudah diterapkan oleh peserta didik dengan budaya 3S (salam, senyum, sapa) serta sikap tidak memaksakan diri sudah diterapkan melalui sikap terbuka kepada siapa saja.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Marpaung, A. nuyati, Y. Barella, S. Buwono, and H. Wiyono, “IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI KOTA PONTIANAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 90-93, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Akhwani, A., & Kurniawan, M. W. (2021). “Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 890–899, Malang.
Aminuyati. (2019). Pengantar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pustaka Rumah Aloy, Pontianak.
Hidayat R, Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), Medan.
Kuzmenko R. (2020). “Tolerance As The Basic Education.” Jurnal of Education and Social Science, 1(1). Dragonmanov University, Ukraine.
Minsih, Galih A. (2018). “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), Surakarta.
Safei A. (2020). Sosiologi Toleransi Kontestasi, Akomodasi, Harmoni. Deepublish Publisher, 1, 1-189, Yogyakarta.
Suciartini N. (2017). “Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajararn Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penjamin Mutu, 3(1), 12-22, Denpasar. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/88.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Cv. Alfabeta, 1, 1-615, Bandung