POLA ASUH ORANG TUA : DAMPAKNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA

Main Article Content

Afini Freudwi Asri Reni Maryani Rachmat Taufiq

Abstract

Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dimana Ia akan mempelajari serta mengembangkan kecerdasan emosional yang dimiliki. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui dampak dari masing-masing bentuk pola asuh, yaitu Authoritative, Authoritarian, Indulgent  dan Uninvolved terhadap tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki oleh remaja. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan deduktif dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian berjumlah 174 siswa SMKN 3 Kota Cimahi yang terdiri dari 44 remaja laki-laki dan 130 remaja perempuan, yang didapatkan melalui teknik sampling Accidental. Alat ukur pola asuh yang digunakan merupakan modifikasi dari alat ukur pola asuh yang disusun oleh Winda Erlina (2016), dan alat ukur kecerdasan emosional diadaptasi dari Assesing Emotional Scale (AES) yang dikembangkan oleh Schutte, et.al pada tahun 2009. Analisa data penelitian yang didapatkan menggunakan metode regresi linear sederhana, dengan JASP 0.17.2.1. Berdasarkan pengolahan data statistik didapatkan hasil bentuk pola asuh yang memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosional remaja adalah Uninvolved (16,4%), Authoritarian (6%), Authoritative ( 4,5%). Sebagian besar responden mempersepsikan pola asuh authoritative sebanyak 154 responden, disusul oleh pola asuh authoritarian sebanyak 14 responden, lalu pola asuh indulgent sebanyak 3 responden, dan terakhir pola asuh uninvolved sebanyak 3 respoden.


 

Article Details

How to Cite
[1]
A. Asri, R. Maryani, and R. Taufiq, “POLA ASUH ORANG TUA : DAMPAKNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 140-145, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Erlina, W. (2016). Pola asuh orang tua sebagai prediktor kecerdasan emosional pada remaja. Skripsi, Sanata Dharma University.
Schutte, N., Malouff, J. M., & Navjot, B. (2009). The Assessing Emotions Scale. Dalam Assessing Emotional Intelligence: Theory, Research, and Applications (hal. 119-134). New York: Springer.
Novianty, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja Madya. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 9 No. 1, 17-25.
Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam.
Bayu, N. L. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Pemilik pada Kinerja UMKM di Kabupaten Gianyar E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 26. 3. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 26. No. 3.
Amrozi, S. R. (2019). Pemikiran Daniel Goleman Dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Al 'Adalah, Volume 22 Nomor 2.
Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak . Lentera , Vol.18 No.1.
Aprelian, O. (2022). PENGARUH KEAUTORITATIFAN POLA ASUH DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA SMPN 1 SELOPURO. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Erlina, W. (2016). Pola asuh orang tua sebagai prediktor kecerdasan emosional pada remaja. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95.
Sisrazeni. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Dan Sikap Keberagaman Mahasiswa Batusangkar . Psikoislamedia Jurnal Psikologi, Volume 3 Nomor 2, 314-342.
Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Deshpande, C. (2021, Maret 16). https://timesofindia.indiatimes.com/city/nagpur/success-in-life-depends-on-20-academic-80-emotional-intelligence-apte/articleshow/81533497.cms. Diambil kembali dari https://timesofindia.indiatimes.com: https://timesofindia.indiatimes.com/city/nagpur/success-in-life-depends-on-20-academic-80-emotional-intelligence-apte/articleshow/81533497.cms
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Advisor, T. R. (2006). http://research-advisors.com/tools/SampleSize.htm. Diambil kembali dari http://research-advisors.com: http://research-advisors.com/tools/SampleSize.htm
Zahara, F. (2017). Pengendalian Emosi ditinjau dari Pola Asuh Orangtua Siswa Remaja di SMA Utama Medan. Kognisi Jurnal, Vol. 1 No.2.
Salovey, P., Mayer, J. D., & Caruso, D. R. (2008). Emotional Intelligence: New Ability or Electic Traits. American Psychological Association, 503-517.
Mano, H. J. (2022). Pola Asuh Otoriter dan Kecerdasan Emosional Remaja di Jayapura. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, Volume 13 Number 1.
Darling, N. (1999). Parenting style and its correlates. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education. Diambil kembali dari www.ericdigests.org: http://www.ericdigests.org/1999-4/parenting.htm
Santrock, J. W. (2022). Essentials of Life-span Development. New York: McGraw-Hill Education.