EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PO2E2W BERBANTUAN MEDIA PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAS IDEAL

Main Article Content

Agung Suci Dian Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gas ideal. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilaksanakan di SMAN 1 Kejayan pada kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dengan jumlah siswa 108 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain one grup pre-test and post-test design dengan pengumpulan data melalui tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur respon siswa. Berdasarkan hasil penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET diperoleh rata-rata N-Gain 0,73 dengan kategori tinggi dan rata-rata persentase respon siswa 72.11% dengan kategori baik. Jadi penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gas ideal.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sari, “EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PO2E2W BERBANTUAN MEDIA PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAS IDEAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 146-150, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Afifah, R., Masjikur., K., Sutarman. (2014). Pengaruh pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media PhET (GIBP) terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi dan tanggung jawab siswa kelas XI IPA pada materi teori kinetik gas. Jurnal Universitas Negeri Malang.
Agustine, D., Wiyono, K., & Muslim, M. (2014). Pengembangan E-Learning Berbantuan Virtual Laboratory. 1(1), 33–43.
Finkelstein, Zacharia, Z& Anderson, O.R. (2005). When Learning About The Real World is better done virtually: A Study Of Substituting Computer Simulations For Laboratory Equipment. Physical Review Special Topics Physics Eduaction Research, Vol. 1, No. 010103, p. (010103)-(010103-8).
Ghimby, AB. Dimas. 2022. Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Journal of Educational and Language Research, 1(2).
Hake, R. (1999). American Educational Reseach Association’s Division D, Measurement and Reseach Methodology: Analyzing Change/Gain Scores. USA: Wooland Hills.
Hastuti, A., Sahidu,H., Gunawan. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Hernawati, Eneng. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X Man 4 Jakarta. Andragogi Jurnal Diklat Teknis. Vol VI No. 2.
Maher. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Peserta Didik Kelas XI IPA4 SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.4 No. 1.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1
Odja, A. H. (2017). Model Pembelajaran PO2E2W Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Kalor di SMP (Disertasi yang tidak diplubikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Indonesia.
Odja, A. H. 2017. Learning model to improve problem solving skills and understanding concept of heat at junior high school (Surabaya: Pascasarjana Unesa)
Pratiwi, S. 2022. Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model PO2E2W. Jurnal Pendidikan Mandala. Vol. 7 No. 4.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sari, A.S.D. 2018. The improvement of students physics problem solving skill through the implementation of PO2E2W learning model assisted PhET media. Journal of Physics: Conf.Series 012024. Doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012024
Sari, A.S.D. 2018. The PracticallityOf Po2e2w Learning Material Model Assisted Phet Media To Improve The Students Physics Problem Solving Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. e-ISSN: 2549-1597. Vol.8.
Sari, A.S.D. 2018. Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran PhET Dalam Mengatasi Tingkat Kesulitan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(12)
Santrock, J. W. (2011). Educational Psycology. New York: McGraw-Hill.
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2007). Influencing children’s self-efficacy and self-regulation of reading and writing through modeling. Reading and Writing Quartely, 7-25.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (mixedmethods). Bandung: Alfabeta.
Suranto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta. Laksbang
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.