UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAME BISTIK (BILANGAN STIK)

Main Article Content

Syifa Cinantya Naufalin Galih Istiningsih Kun Hisnan Hajron Puji Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV di SD Negeri Gondosuli 1 Kecamatan Muntilan melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media game bistik (bilangan stik). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gondosuli 1 yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitiannya adalah kemampuan berhitung operasi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media game bistik (bilangan stik). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media game bistik (bilangan stik) dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV di SD Negeri Gondosuli 1 mengalami peningkatan dalam berbagai aspek, seperti nilai tertinggi yang tetap stabil pada setiap tahap, nilai terendah yang meningkat dari 40 menjadi sekitar 53 hingga akhirnya mencapai 60, nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dari 69 menjadi 73 dan kemudian 80. Selain itu, terjadi peningkatan presentase pencapaian KKM dari 11% menjadi 44% dan akhirnya mencapai 77%.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Naufalin, G. Istiningsih, K. Hajron, and P. Rahmawati, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAME BISTIK (BILANGAN STIK)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 151-160, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Nurhabibah, & Alexon. (2017). Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas IVA Sd Negeri 81 Kota Bengkulu). 2, 44–52.
Nisa, R., Musdi, E., & Jazwinarti. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang 49 Panjang. Pendidikan Matematika, 3(1), 23–28.
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1215
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183
Smith, S.S & Smith, S. S. (2009). Early Childhood Motoric (Vol. 2)
Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak. 390–392
Maulana, I., & Nasution, N. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 512–519. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370
Herawati, O. D. P., Siroj, R. & Basir, D. . (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Sma Negeri 6 Palembang . Jurnal Pendidikan Matematika, 4 .
Yeti, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Koopeartif Make a Match untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 7-8 Tahun Di SD Negeri 1 Way Dadisukarame Bandar Lampung . Journal of Chemical Information and Modeling , 1-190.
Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Prihantoro, A & Hidayat . (2019). Melakukan Tindakan Kelas . Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman , 49-60.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning Anaisis Model . Jakarta: Bumi Aksara.
Fatmawati, N. I. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan . Jurnal Pendidikan Usia Dini, 315-326.
Romlah . (2016). Peningkatkan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa . Jurnal Ilmiah Potensial , 72-77.
Khamidin, A. (2017). Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 3 SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Seminar Nasional PGSD, 1328-1339.
Wahyuningtyas, D.. & L. I. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangatika . Pancaran , 51-60..
Andang Ismail. (2009). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Smith, S. S & Smith, S. S . (2009). Early Childhood Motoric . USA: Pearson
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning Anaisis Model . Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyowati, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match.
Eni, S. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkalian dan pembagian melalui model pembelajaran. Journal Articel.
Rahayu, I., Syarifah, S., & Trimo, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Holistika, 4(1), 9. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.9-13
Winarni, T. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Angka. 2(2).