MIKRO, MAKRO, DAN BEYOND: MENGAPA MICROTEACHING MENDOMINASI PEMBELAJARAN INOVATIF

Main Article Content

Nilna Azizatus Shofiyyah Yusril Rizki Miftah Anwar Muttaqin

Abstract

Studi literatur ini bertujuan untuk menjelaskan dominasi metode microteaching dalam pembelajaran inovatif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, kami mendalaminya untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mendorong popularitas metode ini. Hasil analisis menyoroti beberapa elemen utama yang mendukung dominasi metode microteaching. Pertama, keefektifan metode ini menjadi poin fokus utama. Kemampuan metode microteaching untuk memberikan umpan balik langsung dan terukur kepada guru dan instruktur telah membantu mereka mengasah keterampilan pengajaran mereka dengan cara yang tidak mungkin dengan metode lain. Fleksibilitas adalah faktor lain yang mendukung popularitasnya. Metode ini dapat dengan mudah diadaptasi dalam berbagai konteks pembelajaran, dari pengajaran klasikal hingga online, yang sangat relevan dalam era pendidikan yang terus berkembang. Biaya yang terjangkau menjadikan metode ini dapat diakses oleh sebagian besar guru tanpa mengkhawatirkan kendala finansial. Selain itu, kendali guru atas proses pembelajaran dalam metode ini memberikan mereka rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap pengembangan keterampilan mereka. Selain itu, pengurangan kecemasan dalam lingkungan pembelajaran yang lebih kecil dan terkendali membantu guru merasa lebih nyaman dan kurang tertekan.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Shofiyyah, Y. Rizki, and M. Muttaqin, “MIKRO, MAKRO, DAN BEYOND: MENGAPA MICROTEACHING MENDOMINASI PEMBELAJARAN INOVATIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 120-128, May 2024.
Section
Artikel

References

Abubakar, H., Mohamed, H. B., Aman, M., Megat, Z. B., & Lukman, Y. (2023). Does Student Teachers’ Digital Interest in YouTube Technology Matter? A Case Study of Micro-Teaching Skills. Journal of Advanced Zoology, 44(S-5), 875–883. http://jazindia.com/index.php/jaz/article/view/1014
Basheti, I. A., Mhaidat, Q. N., & Mhaidat, H. N. (2021). Prevalence of anxiety and depression during COVID-19 pandemic among healthcare students in Jordan and its effect on their learning process: A national survey. PLoS ONE, 16(4), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249716
Chen, H. (2023). A Content Analysis of Research Articles on English Micro-Teaching. Journal of Language Teaching and Research, 14(2), 510–520. https://doi.org/10.17507/jltr.1402.27
Deng-Guang Yu, Qiang Li, Wenliang Song, Lin Xu, Kaihui Zhang, and T. Z. (2023). Advanced Technique-Based Combination of Innovation Education and Safety Education in Higher Education. Journal of Chemical Education, 507–516. https://doi.org/https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00568
Enama, P. R. B. (2021). Student teachers’ competence in lesson planning during microteaching. Journal of Teacher Education and Educators, 10(3), 341–368. https://dergipark.org.tr/en/pub/jtee/issue/67769/981261
Fauziah Nasution, Septi Ayu Harahap, Masdeani Dasopang, Dini Rosmana Tanjung, Z. E. M. (2023). Penerapan Micro Teaching sebagai Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 67–76. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4491
Febrino. (2022). Desain e-microteaching sebagai aplikasi e-learning pada lembaga pendidikan tinggi keguruan. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15–24. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2211
Halisah Suriani, Nursafiah, Rika Aswarita, Isnaini, & Habibul Akram. (2022). Socialization of Basic Teaching Skills: Community Service in the Student Microteaching Program at the University of Gunung Leuser. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 116–120. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang915
Hama, H. Q., & Osam, Ű. V. (2021). Revisiting Microteaching in Search of Up-to-Date Solutions to Old Problems. SAGE Open, 11(4), 1–11. https://doi.org/10.1177/21582440211061534
Hermawan, C. M., Rosfiani, O., Syamsudin, Zulfikar, Y., & Daffa, T. M. (2022). Coaching untuk Guru Membuat Modul Ajar dan Melaksanakan Pembelajaran Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 dan Keterampilan Literasi Murid. Kawanad: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 170–180. https://doi.org/10.56347/kjpkm.v1i2.87
Hidayat, A., & Ningsih, T. (2022). Flipped Classroom Model Pembelajaran Era New Normal. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 649–660. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2210
Howard-Jones, P., Scott, A., & Gordillo, C. (2023). The Science of Microteaching and Learning: An Exploratory Study. Mind, Brain, and Education, 1–10. https://doi.org/10.1111/mbe.12389
Intan Syahdillah, Q. H. (2023). Pembelajaran Micro dalam Mengembangkan Kreativitas Mengajar Guru RA. INNOVATIVE : Journal of Social Sciece Reserch, 3(2), 5797–5812. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1012
Ismail, & Yunus Busa. (2023). Melangkah Bersama untuk Pendidikan Berkualitas melalui Implementasi Program Kampus Mengajar 5. Maspul Journal of Empowerment, 5(1), 40–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/mjce
John W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Ledger, S., & Fischetti, J. (2019). Micro-teaching 2.0: Technology as the classroom. Australasian Journal of Educational Technology, 36(1), 37–54. https://doi.org/10.14742/ajet.4561
Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! JISMA: Journal of Information Systems and Management, 02(05), 31–35. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.483
Muhammad Idzhar Faisa, J. J. (2023). Rancangan Manajemen Talenta Guru Pada Lembaga Pendidikan Anak Langit. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), 2(4), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jimas.v2i4.638
Nasution, F., Nasution, N., Ramadhania, A. N., Amanda, P. R., & Auliah, A. (2023). Hakikat Pembelajaran Micro. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 153–163. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1913
Özgür Özcan, C. G. (2019). Multidimensional analyzing of the microteaching applications in teacher education via videograph. European Journal of Teacher Education, 42(1), 82–97. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/02619768.2018.1546285
Popat, Y. (2020). Microteaching: an Effective Tool To Enhance the Teaching Skills. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 5(8), 198–206. https://doi.org/10.33564/ijeast.2020.v05i08.030
Pramudya, A., Tanjung, A., Hasibuan, E., Salamah, I., Azzahrah, N., Khotima, N., & Harahap, T. S. (2022). Implementasi Profesionalisme Tenaga Pendidik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 190–200. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7240477
Rafiqa, I. P. P. (2023). Microteaching berbasis integrasi Cultural Discovery Learning dan Technology Project Based Learning (M. A. Wardana (ed.)). CV. Intelektual Manifes Media.
Risky Mullah Muhammad, Nadir La Djamudi, Farisatma, K. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Kegiatan Microteaching di SD Negeri 42 Buton. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 96–104. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3837
Rohman, N., Istiningsih, I., & Hasibuan, A. T. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 790–798. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3286
Salsabilla, T. M., Darmiany, D., & Setiawan, H. (2022). Keterampilan Mengajar Guru Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran di SDN 3 Labuhan Lombok Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1811–1816. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.842
Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 1–10. https://www.ojs.staisamorapematangsiantar.ac.id/index.php/samora/article/view/32
Saruhan, N. (2023). The Impact of Organizational Neuroscience and Self-determination Theory on Neuro-Leadership Theory. Istanbul Management Journal, 0(94), 65–72. https://doi.org/10.26650/imj.2023.94.006
Shofiyyah, Nilna Azizatus, Tedy Sutandy Komarudin, M. S. H. (2023). Innovations in Islamic Education Management within the University Context : Addressing Challenges and Exploring Future Prospects. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 193–209. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3625
Woods, T. (2023). Microteaching through the practice curriculum: Developing new practice educators. The Journal of Practice Teaching and Learning, 20(1). https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-6455-3822