PERAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF MAHASISWA

Main Article Content

Rina Sari Winna Andini Handayani Niken Cahyorinarti

Abstract

Mengidentifikasi kesejahteraan siswa adalah hal yang penting karena hal tersebut merupakan indikasi dari masalah perilaku atau kesuksesan siswa (Arslan & Renshaw, 2018). Dampak pandemi COVID-19 pada siswa diantaranya mengalami stres dan merasakan emosi tidak menyenangkan lainnya selama pembelajaran online. Seiring dengan rencana jangka panjang Unjani yang tertuang dalam Rencana Induk Jangka Panjang 2020-2040, yaitu  menyediakan akses dan kesempatan pendidikan tinggi yang bermutu bagi masyarakat luas dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mutakhir guna meningkatkan jangkauan layanan pendidikan tinggi dari Universitas Jenderal Achmad Yani. Selama pandemi belajar online menjadi hal yang paling penting dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh lingkungan pembelajaran online terhadap kondisi kesejahteraan subjektif mahasiswa di Universitas Jenderal Achmad Yani, besar pengaruh ditunjukan dari hasil analisa regresi dan didapatkan sebesar 31.8%. Saran dari hasil penelitian adalah memperhatikan kesiapan dari segi lingkungan perkuliahan dan sumber daya dari pengguna sistem pembelajaran secara online, baik pengelola maupun kesiapan dari mahasiswa dalam menjalankannya. Dari segi kondisi psikologis maka perlu adanya sosialisasi yang merata terkait sistem dari pembelajaran online bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa sehingga mampu mempersiapkan diri akan adanya transisi perubahan dalam hal sistem pembelajaran secara online.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sari, W. Handayani, and N. Cahyorinarti, “PERAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 52-57, May 2024.
Section
Artikel

References

Copeland, W. E., McGinnis, E., Bai, Y., Adams, Z., Nardone, H., Devadanam, V., Rettew, J., & Hudziak, J. J. (2021). Impact of COVID-19 Pandemic on College Student Mental Health and Wellness. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 60(1), 134-141.e2. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2020.08.466
Donitsa-Schmidt, S., & Ramot, R. (2020). Opportunities and challenges: teacher education in Israel in the Covid-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 46(4), 586–595. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1799708
Fawaz, M., Al Nakhal, M., & Itani, M. (2022). COVID-19 quarantine stressors and management among Lebanese students: a qualitative study. Current Psychology, 41(11), 7628–7635. https://doi.org/10.1007/s12144-020-01307-w
Kapasia, N., Paul, P., Roy, A., Saha, J., Zaveri, A., & Mallick, R. (2020). Impact of lockdown on learning status of undergraduate and postgraduate students during COVID-19 pandemic ini West Bengal. India. January.
Renshaw, T. L., & Arslan, G. (2016). Psychometric Properties of the Student Subjective Wellbeing Questionnaire With Turkish Adolescents: A Generalizability Study. Canadian Journal of School Psychology, 31(2), 139–151. https://doi.org/10.1177/0829573516634644
Shehzadi, S., Nisar, Q. A., Hussain, M. S., & Basheer, M. F. (2020). The role of digital learning toward students ’ satisfaction and university brand image at educational institutes of Pakistan : a post-effect of COVID-19. https://doi.org/10.1108/AEDS-04-2020-0063
Tang, T., Abuhmaid, A. M., Olaimat, M., Oudat, D. M., Aldhaeebi, M., & Bamanger, E. (2023). Efficiency of flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interactive Learning Environments, 31(2), 1077–1088. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761
Trinidad, S. et. al. (2005). Online Learning Environment_Trinidad.pdf. Australasian Journal of Educational Technology.
Usher, M., & Barak, M. (2020). Team diversity as a predictor of innovation in team projects of face-to-face and online learners. Computers and Education, 144(September 2019). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103702