UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN TARL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

Muhammad Dwiki Annadzili Asep Nursangaji Umi Kalsum

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh ketidakberhasilan dalam pembelajaran matematika dengan metode diskusi dengan kelompok heterogen, didapat bahwa dalam pelaksanaan diskusi kelompok lebih didominasi oleh peserta didik yang memiliki kemampuan tingkat atas saja, sedangkan peserta didik dengan kemampuan tingkat menengah ke bawah cenderung tidak aktif selama proses diskusi. Penggunaan pendekataan Teaching at the Right Level dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka agar diskusi kelompok dapat lebih aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif, yang mana penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa dan guru kelas.  Berdasarkan hasil analisis, didapat klasifikasi peserta didik terbagi menjadi 2 tingkatan yaitu tingkat tinggi dan tingkat rendah yang terdistribusi masing-masing sebanyak 3 kelompok.  Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa dengan penggunaan pendekatan Teaching at the Right Level terjadi peningkatan dalam aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan yang terjadi sebesar 8,33% dengan distribusi peningkatan yang terjadi pada aspek keaktifan dalam berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan mendengarkan informasi yang diberikan pendidik. Namun terjadi penurunan dalam aspek memperhatikan presentasi kelompok lain.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Annadzili, A. Nursangaji, and U. Kalsum, “UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN TARL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 129-134, May 2024.
Section
Artikel

References

Afiefah, N. (2014). Pembelajaran dengan metode diskusi kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 53 – 65. Retrivied from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/359
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui model teaching at right level (tarl) metode pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi dan hasi belajar peserta didik mata Pelajaran prakarya dan kewirausahaan kd. 3.2/4.2 topik perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati di kelas x mia 3 man 2 payakumbuh semester genap tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Penidikan Tambusai, 6(2), 12407 – 12418. doi : https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Febriyanti, N. (2021). Implementasi konsep Pendidikan menurut ki hadjar dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631 – 1638. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/index
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah. A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan tarl untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59 – 74. Retrieved from https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/view/9290/3499
Khasinah, S. (2021). Discovery learning : Definisi, sintaksis, keunggulan, dan kelemahan. Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402 – 413. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Maharani, Y. B. & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 249 – 561.
Muammar. (2022). Peran relawan literasi melalui pendekatan teaching at the right level (tarl) dalam menyelesaikan permasalahan literasi dasar di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia (pp. 43-55), Yogyakarta, Indonesia.
Murtiana, Y., Sulistyono, R., & Widya, N. S. (2020). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pembelajaran tematik menggunakan model problem based learning pada kelas iv sd negeri margomulyo 1. Prosiding Pendidikan Profesi Guru (pp. 1526-1535), Indonesia.
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi pendekatan tarl untuk meingkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94 – 99. doi : https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.94-99
Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Sarjanti, Esti. (2015). Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui metode picture and picture dengan, media audio visual pada mata Pelajaran geografi di kelas xi ips 2 sma negeri 1 bantarkawung. Jurnal Geoedukasi, 4(2),1 – 9. Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/524
Prafitasari, A. N. (2015). Heterogenitas kemampuan belajar siswa sebagai dasar pengembangan model pembelajaran leader-trace (training, action, evaluation). Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, Indonesia, ISBN 978-602-71273-1-9 (pp. 4-11). Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77236
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717 – 1724. doi : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Rismayani, N. L., Sukadi., & Pursika, I. N. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha,1(2).
Rohani, A. (2004). Pengelolaan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasikurikulum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sari, V. N & Sukartiningsih, W. (2014). Penerapan model discovery learning sebagai Upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita petualangan siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Sugiyanto & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kompetensi pemahaman konsep matematika siswa sma pada kompetensi pertidaksamaan rasional dan irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354 – 359.
Supriyadi, A., Zainuddin., Parijo (2013). Peningkatan hasil belajar metode discovery pembelajaran ipa kelas iv sdn 03 sungai ambawang kubu raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8). doi : http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.3061
Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21 – 28.