ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE FLIPPED CLASSROOM DI KELAS XII TBSM 1 DI SMK N 3 BANGLI

Main Article Content

Ni Made Ayu Purnami Yolin Tresa Berhitu Ni Made Ernila Junipisa

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses internalisasi ilmu pengetahuan ke dalam skemata pelajar, yang mana pada proses ini terdapat aktivitas siswa sebagai pelajar dan aktivitas guru sebagai pembelajar. Tak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran bahasa Inggris merupakan pembelajaran yang sangat penting dan sangat bermanfaat bagi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 di SMKN 3 Bangli. Penelitian ini tidak lain yakni bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana analisis keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui model pembelajaran flipped classroom di kelas XII di SMKN 3 Bangli. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris  merupakan suatu proses yang penting bagi orang banyak. Tanpa disadari bahwa terdapat juga penyebab yang menjadi masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris sehingga menghambat proses belajar dikarenakan kurangnya buku paket bahasa Inggris yang tidak dimiliki oleh semua siswa dan itu yang membuat mereka enggan dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Selaku para guru mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk bagaimana menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien dalam mengupayakan kualitas berbicara bahasa Inggris secara fasih.

Article Details

How to Cite
[1]
N. M. Purnami, Y. Berhitu, and N. M. Junipisa, “ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE FLIPPED CLASSROOM DI KELAS XII TBSM 1 DI SMK N 3 BANGLI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 426-429, May 2024.
Section
Artikel

References

Adzhana, H. A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Pengolahan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Irreplaceable Books. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6355
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Mudarwan. (2018). Pengunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Moodle Sebagai Implementasi dari Blended Learning. 31, 13–23.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670