PENGEMBANGAN MEDIA SUKA SASA (SUSUN KATA SAMPAI BISA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS II SD

Main Article Content

Dwi Astuti Astuti Siti Rochmiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada siswa kelas II sekolah dasar yang mengalami kesulitan belajar membaca. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Ngemplak 1 Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Propinsi Yogyakarta pada bulan Agustus-Desember 2023. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes praktik membaca. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca yang dihadapi oleh siswa tampil dalam empat bentuk, yakni kebiasaan membaca yang tidak wajar, kekeliruan mengenal kata, kekeliruan memahami bacaan, dan serbaneka. Terdapat perbedaan dan persamaan karakteristik kesulitan belajar memabca yang dihadapi oelh siswa. Dalam capaian hasil belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca menunjukkan hasil belajar yang rendah pada mata Pelajaran-mata Pelajaran yang lain. Hal ini berarti bahwa kesulitan belajar membaca berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajran yang lain. Untuk memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca di perlukkan metode atau media yang tepat. Kajian ini mengembangkan media Suka Sasa (Susun kata sampai bisa). Dan hasilnya sangat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Astuti and S. Rochmiyati, “PENGEMBANGAN MEDIA SUKA SASA (SUSUN KATA SAMPAI BISA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS II SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 81-89, May 2024.
Section
Artikel

References

Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan belajar membaca pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95-105.
Suryaningsih, S., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218-225.
Kurniastuti, I. (2016). Mengenal Kesukaran Belajar Membaca Menulis Awal Siswa Sekolah Dasar dan Metode Montessori sebagai Alternatif Pengajarannya. Jurnal Penelitian, 19(2).
Zumroatun, Z., & Hasanudin, C. (2022, July). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa SD dengan Memanfaatkan Aplikasi Belajar Membaca Lancar. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 250-257).
Aida, S., Nasirun, M., & Suprafti, A. (2018). Meningkatkan keterampilan membaca awal melalui metode struktural analitik sintetik. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 111-118.
Rishantie, S. A., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 7-10.
Farhurohman, O. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Belajar Membaca Berbasis Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Madrasah Ibtidaiyah. Journal IAIN Kudus, 7.
Wulansari, N. (2010). Hubungan antara dukungan orang tua dalam belajar membaca dengan kemampuan membaca siswa kelas 2 SDN Bakti Jaya 3 Depok.
Bisri, N. L. (2019). Media Belajar Kartu Huruf Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca. QUDWATUNA, 2(2), 162-174.
Yulinda, U. K. (1939). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II Di SDN Manahan.
Manzila, T. (2016). Pengembangan Media Kopasuka (Kotak Puzzle Susun Kata) Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Alfitri, R., Iswari, M., & Kasiyati, K. (2018). Meningkatkan Perbendaharaan Kata melalui Media Kata Bergambar bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 40-45.
Zahara, N. (2019). Penggunaan Media Puzzle Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kata Pada Tema Kegemaranku Kelas I MIN 5 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).