PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI ROSSALON TELUKDALAM

Main Article Content

Walsyukur Zendrato Arwan Karier Harefa Sesuaikan Sarumaha

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggandi Ros Salon Telukdalam. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah pengunjung Ros Salon Telukdalam dan sampel adalah pelanggan Ros Salon Telukdalam yang berkunjung lebih dari  2 kali yaitu 25 orang. Hasil penelitian diperoleh KD sebesar 23,4%.  Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=2,653>ttabel = 2,069 yang artinya hipotesis diterima atau ada pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Ros Salon Telukdalam. Kesimpulan dalam penelitian ini pelayanan Ros Salon mempengaruhi kepuasaan pelanggan yang artinya semakinbaikpelayanan yang diberikan maka kepuasan pelanggan akan semakin baik sebaliknya semakin rendah pelayanan maka kepuasan pelanggan juga akan menurun. Saran dalam penelitian ini, yaitu:(1) Hendaknya Ros Salon terfokus pada satu bidang pelayanan jasa salon kecantikan untuk menjaga kenyamanan para pelanggan, dan meningkatkan fasilitas salon yang digunakan. (2) Hendaknya karyawan Ros Salon diharapkan mengembangkan lagi kemampuan dan keterampilan dibidang salon kecantikan guna memberikan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. (3) Hendaknya pelanggan diharapkan terbuka dalam memberikan kritik dan saran demi perbaikan Ros Salon dan demi kenyamanan pelanggan.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, A. Harefa, and S. Sarumaha, “PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI ROSSALON TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 449-453, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009.Dasar-dasar Evaluasi PendidikanEdisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2013.Evaluasi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Kasmir.2011. Etika Customer Service. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Kirom, Bahrul. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasaan Konsumen. Bandung: PT. Pustaka Reka Cipta.
Lukman, Sampara dan Sugiyanto. 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Mardalis.2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Subana dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statisk Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Jakarta: PT Buku Seru.
Suyanto. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Aryani, Dwi dan Febrina, Rosinta. 2010 Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.Online. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, ISSN 0854-3844. 2017)