PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Main Article Content

Eva Pratiwi Pane Hisar Marulitua Manurung Triska Idawati Situmorang

Abstract

Pembelajaran kimia sampai saat ini masih dianggap cukup sulit karena bersifat abstrak dan materi kimia yang meliputi konsep sub mikroskopik. Keterbatasan mengeksplorasi berbagai zat kimia yang tidak tersedia secara langsung juga menjadi kendala memahami konsep kimia secara utuh sehingga dibutuhkan strategi supaya pembelajaran kimia dapat dipahami secara menyeluruh. Praktikum secara nyata terkadang masih memiliki kendala karena keterbatasan fasilitas, waktu, dan tenaga ahli yang dapat membantu mahasiswa. Teknologi hadir dan mampu memberi ruang bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum secara maya. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran kimia dengan bantuan teknologi berupa laboratorium virtual yang membantu mahasiswa melakukan praktikum secara maya. Hasil penelitian yang berupa produk laboratorium virtual dimana pengembangan produk telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan, studi penelitian yang relevan dan dapat diterapkan bagi mahasiswa Pendidikan Kimia. Produk ini juga diharapkan dapat digunakan secara luas oleh para guru, mahasiswa, siswa maupun anggota masyarakat lainnya saat belajar kimia. Hasil penelitian diperoleh bahwa media virtual laboratorium yang dikembangkan untuk mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Kimia Dasar berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba diketahui keterlaksanaannya berada pada kategori baik dengan nilai kelulusan mata kuliah pada penghitungan gain pada sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Media virtual laboratorium berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum kimia dasar dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Pane, H. Manurung, and T. Situmorang, “PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 46-51, May 2024.
Section
Artikel

References

Arief S, Sadiman, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2020). Developing BTEM-Based Virtual Biology Laboratory to Improve Students' Critical Thinking Skills on the Concept of Bacteria. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 216-227.
Arsani IAA, Manuaba IBP, Darma IK. 2023. Pengembangan Laboratorium Virtual Praktik Elektroplating Sebagai Media Pembelajaran Kimia di Pendidikan Tinggi Vokasi. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan. XIV(1):118–32.
Bajpai, M., & Kumar, A. 2015. Effect of the Virtual Laboratory on Students' Conceptual Achievement in Physics. International Journal of Current Research, 7(02), 12808–12813.
Dwiningsih K, Sukarmin Nf, Muchlis Nf, Rahma PT. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(2):156–76.
Elisa E, Zurweni Z, Wiratmaja IG, Nugraha INP, Widayana G. 2022. Peningkatan Keterampilan Dasar Laboratorium Kimia Teknik melalui Praktikum Mandiri Berbantukan Media Laboratorium Virtual di Masa Pandemi Convid 19. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 14(1):68–76.
Gunawan, A. Harjono, H. Sahidu, L. H. (2017). Virtual Laboratory ff Electricity Concept to Improve Prospective Physics Teachers Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 102–111.
Handayani D, Dwi Alfina V. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Hikmah N, Saridewi N, Agung S. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Kimia dan Pendidikan. Vol. 2.
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190-201.
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. 2018. Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 4(2), 202-207.
Lestari L, Aprilia L, Fortuna N, Cahyo RN, Fitriani S, Mulyana Y, et al. 2023. Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry. 5(1):1–10.
Lubis, I.R.Jaslin, I., 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2): 191-201.
Lutfi A. 2017. Pengembangan Media Laboratorium Virtual Bersarana Komputer untuk Melatih Berpikir Kritis pada Pembelajaran Asam, Basa, dan Garam. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS). Vol. 1.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Kedelapan. Bandung: Rosda.
Santhalia, P., & Sampebatu, E. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Membantu Pembelajaran Fisika Di Era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165-175.
Sari, R. T., & Angreni, S. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Penuntun Pratikum Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 40-47.