OPTIMALKAN KUALITAS PENULISAN ILMIAH: PEMANFAATAN MANAJEMEN REFERENSI DENGAN APLIKASI MENDELEY

Main Article Content

Arozatulo Bawamenewi Yaredi Waruwu Riana Riana Agnes Renostini Harefa Yanida Bu’ulolo Netti Kariani Mendrofa

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk menjelaskan manfaat aplikasi Mendeley dalam mensitasi karya ilmiah secara sistematis dan menulis daftar pustaka secara otomatis. peserta dalam kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nias, khususnya semester VII (tujuh) yang sedang menyusun proposal penelitian. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melalui workshop, ceramah, dan diskusi dengan pendekatan kolaborasi dengan komunitas ilmiah melalui langkah-langkah dasar penggunaan aplikasi, seperti cara menambahkan referensi, membuat daftar pustaka, dan mengorganisir dokumen. Dengan menggunakan Mendeley, penulis akan lebih mudah untuk mengambil sumber dan isi tulisan dari sumber pustaka, baik secara manual maupun secara otomatis. Aplikasi mendeley dapat menghemat waktu, mengurangi kesalahan kutipan, kolaborasi yang lebih mudah dan akses referensi dan dokumen akademik dari perangkat seluler dengan mengidentifikasikan kualitas dan keaslian setiap referensi disitasi. Hasil pengabdian ini dapat menunjang dan memfasilitasi kolaborasi antarpeneliti atau penulis dalam pengumpulan referensi, catatan, dan dokumen. Melalui workshop tentang menejemen referensi ini diharapkan mahasiswa dapat mengakses dan menyimpan referensi mereka secara online, menyediakan penyimpanan awan (cloud storage) untuk dokumen dan referensi yang dapat diimpor dari berbagai sumber, dan aplikasi secara otomatis membuat entri referensi dengan informasi lengkapmeningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan akademis mahasiswa melalui aplikasi mendeley, zotero dan jenis lannya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Bawamenewi, Y. Waruwu, R. Riana, A. Harefa, Y. Bu’ulolo, and N. Mendrofa, “OPTIMALKAN KUALITAS PENULISAN ILMIAH: PEMANFAATAN MANAJEMEN REFERENSI DENGAN APLIKASI MENDELEY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 76-80, May 2024.
Section
Artikel

References

Arrosyad, M. I., & Hevitria, H. (2023). Pelatihan Penggunaan E-Learning Platform Wordwall Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Terap. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 13(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2471
Dewi, P. A. C. (2023). WORKSHOP PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF MELALUI MEDIA CANVA. 3. https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1230
Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., & Danasari, F. (2023). Pelatihan Dalam Membuat Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.51
Ferdinan, F., Erdawati, S., Saiin, S., Ridhwan, M., & Ahmad, A. (2020). Bimbingan Teknik Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 43–52. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.256
Hamzah, R. A., & Hastati, S. (2023). PELATIHAN PENULISAN DAFTAR PUSTAKA MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY DESKTOP BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. 3. https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1154
Ihsan, I. R., Priyanda, R., & Jayanthi, S. (2022). Workshop Penulisan Karya Tulis Guru SMA Unggul Cut Nyak Dhien Kota Langsa. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 12(2), 182–186. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2244
M, A., & Shobri, M. (2023). Pelatihan Manajemen Arsip Digital berbasis Google Drive Desktop bagi Pengurus Pondok Pesantren se-Kecamatan Sangkapura. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.46963/ams.v4i1.1112
Pasaribu, R. L., Nursangaji, A., Mirza, A., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2022). Workshop Penulisan Proposal dan Laporan Karya Ilmiah untuk Dosen dan Mahasiswa. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 12(2), 187–192. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2279
Reswari, B. B., Rosita, A. T., Ramadhanti, A. I., & Alfan, M. (2023). Pelatihan dan Pengembangan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.46963/ams.v4i1.950
Shanty, A. L. N., & Luthfiana, N. A. (2023). Implementasi Peningkatan Literasi melalui Taman Baca pada Peserta Didik KB Permata Bunda. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2011