STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENGUBAH SKRIPSI MENJADI ARTIKEL ILMIAH: PANDUAN PELATIHAN KONVERSI YANG SUKSES

Main Article Content

Riana Riana Fatiani Lase Noibe Halawa Dernius Hura Imansudi Zega Berkat Persada Lase

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mereka tentang artikel ilmiah. Kegiatan ini didasarkan karena masih ada mahasiswa yang kurang paham tentang bagaimana mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah dan selanjutnya dipublish di jurnal nasional terindeks. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan menerapkan metode studi kasus. pada studi kasus ini menetukan skripsi yang telah sukses dikonversi menjadi artikel ilmiah, analisis proses konversi dari skripsi ke artikel ilmiah. Selanjutnya, menggunakan pendekatan analisis komparatif dengan menganalisis perbedaan dan transformasi yang terjadi selama proses konversi. Subjeknya mahasiswa FKIP Universitas Nias dan artikel melalui google scholar yang dipublish di jurnal nasional terindeks Sinta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah jurnal dosen dan mahasiswa yang dimuat di google scholar dosen, sinta kemendikbud web Universitas Nias. Setelah pelatihan ini dilaksanakan, mahasiswa memiliki pengalaman tentang artikel ilmiah yang akan dipublish pada jurnal yang dituju,  menerapka style penulisan atau template yang tersedia dari pihak jurnal. Pada umumnya jurnal terdiri dari beberapa kerangka utama yaitu judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil penelitian,  pembahasan, kesimpulan serta referensi. Gaya bahasa dalam artikel umumnya lebih ringan dan mudah dipahami dibandingkan dengan skripsi.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Riana, F. Lase, N. Halawa, D. Hura, I. Zega, and B. Lase, “STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENGUBAH SKRIPSI MENJADI ARTIKEL ILMIAH: PANDUAN PELATIHAN KONVERSI YANG SUKSES”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 206-211, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Dewi, I. K., Haryati, E., & Chandra, A. (2023). Story Telling dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5531–5538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5162
Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., & Danasari, F. (2023). Pelatihan Dalam Membuat Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.51
Ferdinan, F., Erdawati, S., Saiin, S., Ridhwan, M., & Ahmad, A. (2020). Bimbingan Teknik Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 43–52. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.256
Hamzah, R. A., & Hastati, S. (2023). PELATIHAN PENULISAN DAFTAR PUSTAKA MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY DESKTOP BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. 3. https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1154
Hesi Eka Puteri, SE., M. S. (2022). Mengubah Skripsi -Tesis Menjadi Artikel Jurnal , Mudah Banget !! December.
Ihsan, I. R., Priyanda, R., & Jayanthi, S. (2022). Workshop Penulisan Karya Tulis Guru SMA Unggul Cut Nyak Dhien Kota Langsa. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 12(2), 182–186. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2244
Kennedy1, P. S. J. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL ADMINISTRASI BISNIS.
M, A., & Shobri, M. (2023). Pelatihan Manajemen Arsip Digital berbasis Google Drive Desktop bagi Pengurus Pondok Pesantren se-Kecamatan Sangkapura. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.46963/ams.v4i1.1112
Mardiah, M., Napratilora, M., Liana, D., Devianti, R., Masriani, M., Munawaroh, F., & Lisa, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru SD di Kecamatan Keritang. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.46963/ams.v4i1.905
Munawaroh, F., Syarifudin, S., Liana, D., Napratilora, M., Kurniawan, N. A., Mardiah, M., Devianti, R., Lisa, H., Arrasyid, I., & Reza, M. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Literasi di Ponpes Daarul Rahman Tempuling. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.46963/ams.v3i1.493
Nera Mayana Br Tarigan, 2)Ricky Martin Ginting, 3)Santa Elisa Br Tarigan. (2022). PKM Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Dari Hasil. 2(2), 68–74.
Pasaribu, R. L., Nursangaji, A., Mirza, A., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2022). Workshop Penulisan Proposal dan Laporan Karya Ilmiah untuk Dosen dan Mahasiswa. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 12(2), 187–192. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2279
Reswari, B. B., Rosita, A. T., Ramadhanti, A. I., & Alfan, M. (2023). Pelatihan dan Pengembangan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.46963/ams.v4i1.950
Shanty, A. L. N., & Luthfiana, N. A. (2023). Implementasi Peningkatan Literasi melalui Taman Baca pada Peserta Didik KB Permata Bunda. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2011
Shiddiq, S. (2013). SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI SDIT AR-RAIHAN BANTUL. 14(04). https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/174
Sukma, C. D., & Hasya, N. A. (2023a). 1 , 2 1 2. 9, 177–185.
Sukma, C. D., & Hasya, N. A. (2023b). TINGKAT EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA ANGKATAN 2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 177. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.10220
Syachbrani, W., Hamka, R. A., & Regina. (2022). PELATIHAN KONVERSI SKRIPSI MENJADI ARTIKEL ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MINAT MENULIS ARTIKEL MAHASISWA. Jurnal Pemantik, 1(2), 115–124. https://doi.org/10.56587/pemantik.v1i2.49
Tarigan, N. M. B., & Ginting, R. M. (n.d.). PKM Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Dari Hasil Skripsi Dan Cara Mempublish Di Jurnal Pada Mahasiswa STIE LMII. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/253/216
Umbase, L., Marbun, M., Teintang, R. A., & Widiarto, T. (2023). PKM KREATIFITAS DAN PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA. 4. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19793