ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI PADA UNIVERSITAS NIAS RAYA

Main Article Content

Indah Permata Sari Lase Baspuri Luahambowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada Universitas Nias Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan ekonomi pada Universitas Nias Raya yang dilaksanakan pada bulan Juli 2019.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 491 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 220 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Faktor dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi pendidikan ekonomi pada Universitas Nias Raya yang mengelompok menjadi dua faktor yaitu faktor Psikologi dan faktor Pendukung. Berdasarkan kedua faktor tersebut variabel yang paling besar pengaruh terhadap keputusan adalah motivasi

Article Details

How to Cite
[1]
I. Lase and B. Luahambowo, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI PADA UNIVERSITAS NIAS RAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 467-471, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Idris. 2015. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Isnawati, Erlita. 2012. Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Akuntansi di STIE Perbanas Surabaya. STIE Perbanas. Surabaya.
Sofyan, Herminarto. 2012. Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Sudjana.(2005). Metode Statistik. Bandung: Transiti
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indah. Bogor..
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Supranto, J. 2006. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta