IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Main Article Content

Eltin Eltin Niwalmars Niwalmars

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari dampak dengan menggunakan Model Problem Based Learning dan bagaimana guru agama Kristen mengimplementasikan model problembased learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Kristen di SMP Negeri 151 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 151 Jakarta mulai pada bulan Januari sampai Bulan Mei 2023. Populasi dari sampel ini adalah peserta didik yang beragama Kristen Kelas 8 terdapat 10 orang dan juga 1 orang guru Pendidikan agama Kristen. Permasalahan yang ditemukan di dalam penelitian ini adalah di mana peserta didik masih kurang minat dalam belajar, karena faktor dari model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai sehingga peserta didik merasa bosan, dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Kristen belum maksimal sehingga peserta didik kurang minat dalam mengikuti pembelajaran. Ada  beberapa yang perlu dicapai agar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Guru perlu mempelajari permasalahan peserta didik yang kurang minat dalam belajar sehingga dapat menggunakan model pembelajaran yang efektif, dan dapat memahami peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran. Kata kunci: Model problem based learning Pembelajaran Pendidikan agama Kristen dapat  meningkatkan  minat belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Eltin and N. Niwalmars, “IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 430-438, May 2024.
Section
Artikel

References

Arie Anang Setyo, S. P. M. P., P, M. F. S. P. M., & Zakiyah Anwar, S. P. I. M. P. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Issue V. 1). Yayasan Barcode.
Betakore, Y., Wulansari, E., & Boiliu, F. melkias. (2022). Student Spirituality Formation through Christian Religious Education. Proceedings of the 6th Batusangkar International Conference, BIC 2021, 11-12 October, 2021, Batusangkar-West Sumatra, Indonesia.
Boiliu, F. M. (2019). Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Kemajemuk dalam Membina Sikap Toleransi Beragama di Indonesia. Prosiding, 131–140.
Boiliu, F. M., Purba, B. M. M., S, D. L., Lahagu, A., & Harefa, D. (2022). Anticipatory Christian Education in the Family in Era 4.0. Atlantis Press Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities, and Christian Education (ICONTHCE 2021), 1–5.
Boiliu, F. M., Widjaja, F. I., & Sidabutar, D. L. (2021). The Role of Christian Religious Education as a Strategy in Dating Radicalism of Religion in Indonesia. ADI International Conference, 2, 137–144.
Dr. Ine Rahayu Purnamaningsih., M. P., & Tedi Purbangkara, S. P. M. P. A. (2022). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. uwais inspirasi indonesia.
Eko, S. (2015). Menyusun proposal penelitian kualitatif skripsi dan tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Ii, B. A. B., Teoretik, A. D., & Belajar, M. (2015). KAJIAN TEORI. 10–27.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Kristiantoro, & Boiliu, F. M. (2023). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Musik Gerejawi Pada Anak. Jurnal Education and Development, 11(1), 192–204.
Novalis, Peter N and Virginia Singer, DNP and Peele, R. (2019). Clinical manual of supportive psychotherapy.
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78
Purwanto, W., W, T. D. R. W., & Hariyono. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1700–1705.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rasam, Fadli and Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education}, 5, 95--113.
Rawan, & Triwidiastuti. (2019). Pengantar Metode Penelitian modul 1. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–43.
Rosyidah, U., Studi, P., Matematika, P., Nahdlatul, U., & Lampung, U. (2016). Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X. 1(2), 115–124.
Samosir, C. M., Boiliu, F. M., Boiliu, N. I., & Sinaga, S. (2021). Effect of Learning Christian Religious Education in Pandemic of Covid-19 on Youth Faith Growth in Church. Proceedings of the 3rd International Conference of Education and Science, ICES 2021November 17-18, 2021, Jakarta, Indonesia European Alliance for Innovation ICES, 333–343.
Savin-Baden, M., & Major, C. H. (2013). Qualitative Research: The essential guide to theory and practice.
Suharyat, Y. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan. wawasan Ilmu.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Widjaja, F. I., & Boiliu, F. M. (2021). The Use of Technology According to Christian Faith in The Era of Industrial Revolution 4.0. 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 5–10.
Wijaya, H. and others. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: sebuah tinjauan teori \& praktik.
Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47