NEKAFMESE MA ANSAOFMESE (MEMBANGUN KEHIDUPAN ATOEN PAH METO KRISTEN YANG INKLUSIF)

Main Article Content

Yunus Selan Daud Anfons Pandie Gideon Sutrisno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan nekafmese ma ansaofmese dalam membangun kehidupan Kristen yang inlusif bagi atoen pah meto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif lapangan dengan jenis deskriptif. Untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pimpinan gereja dan ketua adat sebagai penentuan informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan istilah Nekafmese ma Ansaofmese dapat dilihat dari beberapa hal: (a) atoen pah meto selalu gotong royong atau kerja sama dalam kehidupan sehari-sehari seperti bertani, pesta adat dan kegiatan gereja. (b) membangun kerja sama dalam kehidupan sehari-hari di antara orang tua dengan anak, adik-kakak, dengan orang yang beda agama, budaya dan suku (c) kegiatan yang dilakukan untuk saling membantu bagi atoen pah meto dalam kehidupan sehari-hari. (d) Penerapan Panat Lais Manekat bagi atoen pah meto sebagai bentuk mapanat es nok es, mapanat olif tataf, feto mone, amaf anah, atoen amaf. (e) Penerapan nek lasi bagi atoen pah meto adalah membawa berita sukacita, dukacita, adat, dan injil. (f) penerapan fenekat bagi atoen pah meto adalah mnasi palen lia ana, ameput klei palen to slani, ma ana plenat palen to. (g) Penerapan mapanat esnok es bagi atoen pah meto adalah mapanat olif tataf, feto mone, bae feto bae mone, manapat tok hit aok bian. Artinya saling menjaga anatara adik-kakak, saudara-saudari berbeda suku, agama dan budaya. (h) penerapan plenat nim bagi atoen pah meto adalah tam tausan mnasi, tat nin mnasi in plenan, ma tanaoba mnasi in fenekat. (i) penerapan nabaubon bagi atoen pah meto adalah na baubon neu Mnasi, na baubon neu atoen amaf, na baubon neu aof, na baubon neu smanaf.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Selan, D. Pandie, and G. Sutrisno, “NEKAFMESE MA ANSAOFMESE (MEMBANGUN KEHIDUPAN ATOEN PAH METO KRISTEN YANG INKLUSIF)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 439-447, May 2024.
Section
Artikel

References

Boimaua, S. (2019). Tuturan Ritual Toit Ulan Pada Masyarakat Desa Pana Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 55–67.
Geertz, C. (1976). Religion of Java. The University of Chicago Press.
Indonesia, L. G. N. S. K. (2021). Mengadopsi Pola Asuh ala Suku Dawan.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Pentury, T. (2018). Moderasi Beragama dan Kristen Moderat: Sebuah Tantang-Jawab”, dalam Tetra Adi Siswanto dkk, Mozaik Moderasi Beragama Dalam Perspektif Kristen. BPK Gunung Mulia.
Simatupang, T. B. (1984). Iman Kristen dan Pancasila. BPK Gunung Mulia.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Windiyarti, D. (2006). Tradisi, Agama, Dais Modertosaso Dalam Perkembangan Kebudayaan Timor. Jurnal Sahda, 1(1), 36–43.