DETERMINAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI SWASTA: INTEGRASI METODE REGRESSION ANALYSIS DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Main Article Content

Supriyadi Supriyadi Joko Triloka Mieke Rahayu

Abstract

Persaingan yang kompetitif dan perubah teknologi menuntut Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi beberapa faktor penting yang mempengaruhi kualitas manajemen mutu PTS. Metode penelitian mengintegrasikan analisis regresi untuk menguji pengaruh dan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan faktor prioritas. Sampel penelitian menggunakan 6 Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Lampung dengan penentuan sampel menggunakan purposive judgment sampling. Bukti empiris menunjukkan bahwa Kepemimpinan, Sumber Daya Manusia, Pengorganisasian, Infrastruktur sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap kualitas manajemen mutu PTS. Selain itu penelitian ini menunjukkan hasil pengujian bahwa Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang paling kuat menentukan Kualitas Manajemen Mutu PTS . Hasil penelitian ini digunakan sebagai paramater bagi manajemen PTS dalam meningkatkan kualitas mutu PT untuk mencapai akreditasi Unggul.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Supriyadi, J. Triloka, and M. Rahayu, “DETERMINAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI SWASTA: INTEGRASI METODE REGRESSION ANALYSIS DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 401-408, May 2024.
Section
Artikel

References

Abadi, S., Gumanti, M., Susianto, D., Ariningrum, H. (2023). Determinan Faktor Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Integrasi Metode Critical Success Factors (CSFs) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science Journal Homepage: 3 (2), 302-311.
Abadi, S., Jatininngrum, C., Hasan, S., Riki (2022) Integrating Analysis of Quality Management of Higher Education: Analytical Hierarchy Process and Multiple Linear Regression. International Journal Tech-E, 5 (2). 150-160
Abadi, S., Muhamad Adnan, M.A., Redjeki, S., Jatiningrum, C. (2023). Using Analytical Hierarchy Process for Double Auction to Optimize Financial Performance of Private Higher Education Institutions. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 31(3). 13-24
Abbott M and Doucouliagos C (2003). The efficiency of Australian universities: A data envelopment analysis. Economics of Education Review 22(1): 89–97.
Archibald RB and Feldman DH (2008). Graduation rates and accountability: Regressions versus production frontiers. Research in Higher Education 49(1): 80–100.
Antonakis, J., Avolio, B. J., & Sivasubramaniam, N. (2003). Context and leadership: an examination of the nine-factor full-range leadership theory using the Multifactor Leadership Questionnaire. The Leadership Quarterly, 14(3), 261-295.
Ariswanto, A., & Nurnaningsih, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Tsanawiyah As’ adiyah No. 3 Atapange Wajo Sulawesi Selatan. Journal on Education, 2(4), 405-413.
Bachtiar, A., Guntoro, G., Riyantie, M., & Ridwan, N. (2023). The Role of Leadership in Digital Transformation Management in Organisations. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1306-1314
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (Eds.). (1999). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Sage Publications, Inc.
Ciptono. (1999). Aplikasi TQM Dalam Manajemen Perguruan Tinggi, 11. No.11. XXVI. Usahawan,
Cook, Sarah. (2002). Customer Care Excellence: How to Create an Effective Customer Focus. London: Kogan Page Publishers, 2002.
Davis, Goestch. (1995). Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness, Engelwood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall International, Inc, 1995
Efferi, A. (2021). Manajemen Pendidikan: Menyingkap Tabir Pengelolaan Lembaga Pendidikan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada
Girmanova, L., Šolc, M., Blaško, P. & Petrik, J. (2022). Quality management system in education: Application of quality management models in educational organization-case study from the Slovak Republic. Standards 2(4), 460–473. https:// doi. org/ 10. 3390/ standards2 040031
Imam Machali & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management: Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Jatiningrum, C., Fauzi, Samodera Utami, B. H., Md Kassim, A. A. (2023). Mitigate Type II Agency Conflict Through Good Corporate Governance and Disclosure Quality Akuntabilitas. 17 (1), 1-13.
Johnes J (2006a). Measuring teaching efficiency in higher education: An application of data envelopment analysis to economics graduates from UK universities 1993. European Journal of Operational Research 174(1): 443–456.
Kigozi, Edward, James Ko, & Yuen On. (2020). Total Quality Management (TQM ) Practices Applied in Education Institutions : A Systematic Review of Literature. International Journal of Innovative Business Strategies (IJIBS), 5 (2), 341-352. https://doi.org/10.20533/ijibs.2046.3626.2019.0045.
Limbong, A.M., Asbari, M. (2024) Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi Journal of Information Systems and Management, 3(1) 101-105. (February 2024)
Muktamar, A, Yassir, M., Syam, Wulan Safira, Ningsi, Wulan Safira. (2024). Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of International Multidisciplinary Research. 2(1), 181-190
Nadrljanski, Đ, Nadrljanski, M. & Pavlinović, M. (2022). Digitalization of education. Learning Analitical Intelligent. System, 29(2). https:// doi. org/ 10.1007/ 978-3- 031- 04662-9_2
Nahdi H, (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Ketua Program Studi, Motivasi Dosen, Iklim Kerja Dan Komitmen Dosen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Garut. www.journal.uniga.ac.id. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hadiyanto Vol. 09; No. 01; 2016; 38-50
Nur Rahmi Sonia (2021). Total Quality Management dalam Lembaga Perguruan TinggSoutheast Asian Journal of Islamic Education Management 2 (1) 125-139 http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem
Purwanto, A., Purba, J. T., Bernarto, I., & Sijabat, R. (2021). The Role of Transformational Leadership, Organizational Citizenship Behaviour, Innovative Work Behaviour, Quality Work Life, Digital Transformation and Leader Member Exchange on Universitis Performance. Linguistica Antverpiensia,, 1123-1134
Rija, M. & Muksin, N., N. (2024). Manajemen Komunikasi Dalam Mengembangkan Mutu Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Journal Syntax IDEA. 6 (1).
Sartika, D. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi Dan Merekonstruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Di Era Globalisasi), Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1(2), 177–94
Sosik, J. J., Potosky, D., & Jung, D. I. (2002). Adaptive self-regulation: Meeting others' expectations of leadership and performance. The Journal of Social Psychology, 142(2), 211-232