PENDEKATAN PR POLITIK PARADIGMA GRUNIGIAN PEMKOT TANGERANG SELATAN DALAM MENJAGA CITRA POSITIF

Main Article Content

Taofik Hidayat Aminah Swarnawati

Abstract

Public Relation Politik bagi lembaga politik menjadi sebuah kebutuhan bukan lagi sebuah pilihan karena untuk menjelaskan banyak hal kepada public. Public Relations Politik adalah suatu upaya membangun komunikasi dengan pihak internal dan pihak eksternal dalam lingkungan politik untuk mengelola sejumlah isu yang mendapat perhatian khusus. Public Relations Politik memiliki posisi sangat srategis dalam eksistensi sebuah organisasi, baik organisasi pemeritah, perusahaan maupun organisasi politik. Pendekatan Public Relations Politik menjadi sebuah nilai yang berharga. Karena hal ini dapat membentuk sebuah situasi kedekatan, harmonisasi, terbuka, saling percaya antara Pemerintah dan Masyarakat. Pendekatan Penilitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi politik dan pendekatan public relations politik. Tujuan dalam penelitian ini menganalisis pendekatan pr politik paradigma grunigian pemkot tangerang selatan dalam menjaga citra positif. Pendekatan Public Relations Politik Paradigma Politik Grunigian mengedepankan mutual understanding dan mutual benefit. Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mendengarkan aspirasi rakyat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan industri perdagangan melakukan komunikasi dua arah, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga membuat dan menghadirkan ruang – ruang kolaborasi kepada public dalam menjaga kepercayaan masyarakat akan sebuah program kerja dan kinerja. Program kerja seperti design tugu maruga, tangsel terang, penempatakan produk – produk ikm di toko retail besar seperti indomart sampai pada program ngider sehat dalam mencapai kesehatan yang cepat tanpa sekat. Pendekatan Public Relations Politik Pemerintah Kota Tangerang Selatan berhasil menjaga citra positif karena tingkat kepuasaan masyarakat mencapat lebih dari 60% menurut lembaga survey media survey Indonesia (msi) pada 2022.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Hidayat and A. Swarnawati, “PENDEKATAN PR POLITIK PARADIGMA GRUNIGIAN PEMKOT TANGERANG SELATAN DALAM MENJAGA CITRA POSITIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 327-331, May 2024.
Section
Artikel

References

Arifin, Anwar. (2003). Komuniksi Politik, Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi & Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta : Rajawali Pers.
Heryanto, G., & Zarkasy, I. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/26/06574451/pemkot-tangsel-sediakan-wifi gratis-untuk-warga-di-mana-saja-lokasinya
https://news.detik.com/berita/d6457792/survei-msi-tingkat-kepuasan-kinerja-pimpinan tangsel-naik-signifikanhttps://sipangsi.id/info-paslon.https://www.detakbanten.com/today/13-produk-ikm-tangsel-masuk-indomaret
https://www.kajianpustaka.com/2018/10/tujuan unsur-dan-bentuk-komunikasi-politik.html https://www.tribunnews.com/metropolitan/2022/12/13/survei-msi-tren-kepuasan-publik-tangsel-terhadap-kinerja-benyamin-pilar-naik-signifikan
McNair, Brian. (2003). An Intruduction to Political Communication. London: Routledge.
Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitan Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nimmo, Dan. (2005). Komunikasi Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachmat Kriyantono, (2008). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat, Jakarta: Kencana.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Surbakti, Ramlan. (2010). Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Wahid, Umaimah. (2016). Komunikasi Politik, Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.