PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TENTANG KUALITAS PENDIDIKAN DI SD KECAMATAN MOA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada berbagai permasalahan terkait kualitas pendidikan yang diduga disebabkan oleh manajemen sekolah dan rendahnya profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh manajemen kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan di SD Kecamatan Moa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menguji hipotesis penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dengan menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan tabel koefisien, nilai hitung Manajemen Sekolah adalah 3.019 lebih besar dari tabel 1.199 sehingga dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sekolah berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Sedangkan nilai t hitung untuk variabel Profesionalisme Guru adalah 4,571 > t tabel 1,199 sehingga dapat dikatakan bahwa Profesionalisme Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Dan berdasarkan hasil uji statistik dan pembahasan dalam penelitian disimpulkan bahwa Manajemen Sekolah dan Profesionalisme Guru secara simultan mempengaruhi Mutu Pendidikan dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 dan nilai F hitung sebesar 31,877 >dari F tabel 3,15.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andini, G. T. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008
Chrismastianto, I. A. W., Wibawanta, B., Mumu, B., Sitepu, D. S., & Milenia, M. (2022). Teacher’s Competencies Profile In Digital Technology Era: Spiritual Formation and Biblical Community. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 18(2). https://doi.org/10.19166/pji.v18i2.5742
Dewi, R., & Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Profesionalisme dan Disiplin Kerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7839
Ermianto, E. (2022). Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3560
Fomba, B. K., Talla, D. N. D. F., & Ningaye, P. (2023). Institutional Quality and Education Quality in Developing Countries: Effects and Transmission Channels. Journal of the Knowledge Economy, 14(1). https://doi.org/10.1007/s13132-021-00869-9
Liana, L., Basiya, R., & Kuntari, K. (2021). Peran Supervisi Akademik Sebagai Pemoderasi Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi Dan Perpajakan (Jemap), 4(1). https://doi.org/10.24167/jemap.v4i1.3183
Marwan, M., Ibrahim, I., Awang, M. I., & Sufriadi, S. (2021). Kepuasan Kerja Guru Secara Optimal dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3). https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.29
Marzuqi, A., Julaiha, S., & Rumainur, R. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1). https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3206
Muhlas, M., & Husnan, R. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pesantren di Jawa Timur. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.71
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
Muslimin, E. (2022). Manajemen Mutu Sekolah dan Madrasah. Mamba’ul ’Ulum. https://doi.org/10.54090/mu.71
Padang, Abdullah, S., Sagaf, Cakrawati, S. W., & Harmoko. (2023). Effect of Durian By-Product on Nutrition Intake, Productivity, and Physiological Conditions of Kacang Goats (Capra aegagrus hircus). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.3869
Pranilsa, F., & Monika, M. S. (2022). Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(2). https://doi.org/10.32529/glasser.v6i2.2011
Prasetyono, A., Haryati, T., & Sudana, I. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v12i1.15312
Romkeny, H., Lerrick, M. E., Sulimaly, P., Porsiana, S. A., Imbama, D., Bastian, B. M., Harmoko, H. (2022). Kursus dan Pelatihan Bahasa Inggris pada Generasi Muda Dusun Upunyor Desa Weraru Kecamatan Moa Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya. Indonesia Berdaya, 3(4). https://doi.org/10.47679/ib.2022335
Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional dalam Menghadapi Pendidikan di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung:Alfabeta.
Susiani, K. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02). https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.912
Zulkipli, Z. (2022). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5119