PENGGUNAAN WEBLOG DALAM PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI SMK

Main Article Content

Alfiah Pratiwi Edy Yusmin Ade Mirza Dede Suratman Bistari Bistari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak penggunaan weblog sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep siswa. Eksperimental semu (Quasy Eksperimental Design) digunakan dalam rancangan penelitian ini. Populasi penelitian adalah 90 siswa kelas XII SMK Negeri 3 Pontianak, dan sampel pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas XII yang terdiri dari siswa kelas XII Akutansi 1 dan XII Administrasi Perkantoran, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Diperlukaan angket (kuesioner) untuk mengetahui motivasi belajar siswa, sedangkan kemampuan pemahaman konsep didapat melalui tes yang dilakukan pada akhir proses pemebelajaran. Analisis data motivasi belajar siswa dilakukan dengan uji Mann-whitney U-test. Sedangkan analisis data yang digunakan  untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dilakukan dengan uji-t. Hasil analisis uji Mann-whitney U-test dengan nilai asymp. Sig (2-tailed), maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar, dalam penggunaan media pembelajaran weblog mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis uji-t memperoleh nilai , dengan ini disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa , ini menunjukan bahwa Kemampuan pemahaman konsep siswa mempunyai pengaruh terhadap pengguanan media pembelajaran weblog.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Pratiwi, E. Yusmin, A. Mirza, D. Suratman, and B. Bistari, “PENGGUNAAN WEBLOG DALAM PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI SMK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 199-170, May 2024.
Section
Artikel

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al Muta/aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Karang, 1(3), 80-88.
Azizah, N. R., Imamuddin, M., Aniswita, A., & Rahmat, T. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 199.
Azwar, Saifudin. 2017. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadayana, N., Mirza, A., & Hamdani, H. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Soal Bangaun Datar Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Jurnal Education And Development, 11(2), 438-443.
Hidayana, N, irsa., Mirza, A., Pasaribu, R, L. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di-Tinjau Berdasarkan Tingkat Self-Regulated Learning. Jurnal Education and Development Istitut pendidikan Tapanuli Selatan, 11(2), 438-443.
Huda, M, M., Maisaroh, S., & Nadhiroh, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Weblog Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Peserta Didik Di SMP Negeri 51 Surabaya. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 1-13.
Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia Dan Pembelajaran Konveksional. Jurnal Penelitian Multimedia Pembelajaran, 10(1), 125-146.
Irfan, M., Suratman, D., Mirza, A., & Pasaribu, R, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Articulture Storyline 3 Materi Program Linier Di Sekolah Menengah Atas. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 85-96.
Millsap, E Roger, dan Alberto M, O. 2009. Quantitative Methods in Pschology. London: Sage Publications Ltd.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Premana, A., Ubaedillah, & Pratiwi, D, I. (2021). Peran Vidio Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meingkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 132-138.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232.
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. JPPIPA: Jurnal Peneltian Pendidikan IPA, 3(2), 8-14.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasmiati, N. 2018. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143-158.
Ulani, S., Hartoyo, A., Fitriawan, D., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2023). Pemahaman Konsep Bangaun Datar Segiempat Dengan Menggunakan Model Discoverry Learning. Journal Matematika Ilmiah Jumlahku STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2). 67-77.
Widiyanti, W., Sugiatno, S., & Mirza, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Konseptual Matematis Dan Respons Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Di Sekolah Menengah Atas. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–77.
Wigati, P., Nursangaji, A., Suratman, D., Yusmin, E., & Ahmad, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika (Pendekatan Meta-Analisi). Journal Numeracy, 10(2), 106-119.