PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH YKUI MASKUMAMBANG GRESIK

Main Article Content

Muhammad Rafeli Fakhlipi Fadlan Fahamsyah St. Aisyah

Abstract

Problematika pembelajaran sering terjadi baik dari lembaga sekolah, pengajar dan siswa. Tujuan penelitian untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah YKUI Maskumambang Gresik Putra tahun ajaran 2022/2023; serta solusi untuk mengatasi kendala yang muncul pada pembelajaran bahasa Arab di kelas tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis desktriptif. Penelitian menggunakan teknik; (1) Observasi (2) Wawancara terarah (guided interview). Objek penelitian adalah murid kelas VI semester I berjumlah 20 siswa. Adapun subjek penelitian adalah pengajar bahasa Arab di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Problematika bahasa Arab, meliputi: a. Problem Lembaga (kurangnya komunikasi antara lembaga dan pengajar terkait target pembelajaran), b. Problem Pengajar (pengajar menyamaratakan penggunaan metode ajar kepada semua siswa yang memiliki gaya belajar berbeda), c. Problem Siswa (ditemukan beberapa siswa yang lambat dalam daya tangkap pelajaran (slow learner) dari siswa lain); 2. Solusi (problem solving) problematika bahasa Arab, meliputi: a. Problem Lembaga (lembaga harus mengomunikasikan dengan pengajar terkait target capaian lembaga kepada siswa sesuai kurikulum yang ditetapkan), b. Problem Pengajar (pengajar harus memahami karakteristik setiap siswa agar bisa menyesuaikan metode ajar yang cocok), c. Problem siswa (perlu adanya pendekatan khusus bagi individu siswa yang lambat dalam daya tangkap baik pendekatan dalam maupun di luar kelas).

Article Details

How to Cite
[1]
M. Fakhlipi, F. Fahamsyah, and S. Aisyah, “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH YKUI MASKUMAMBANG GRESIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 348-355, May 2024.
Section
Artikel

References

Al-Ashili, A. A. bin I. (1423). Asasiyat Ta’lim al-Lughat al-Arabiyat Li-Annathiqin Bi al-Lughatil Ukhra. Jami’ah ummul Qura.
Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun, 1. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66
Arifudin, O., Hidana, R., Julius, A., Doho, D. B., Sormin, E., Ghazali, A., Marlina, H., Lasmono, S., Nurmiyanti, L., Fatmasari, R., Zuwirna, Z., & Bahri, A. S. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktis). CV WIDINA MEDIA UTAMA. https://repository.penerbitwidina.com/publications/314866/psikologi-pendidikan-tinjauan-teori-dan-praktis#cite
Artha Margiathi, S., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., Musyadad, V. F., Pgmi, R., & Santang, I. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 61–68. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/285.
Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Cahya Edi Setyawan, & Khairul Anwar. (2020). Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Sebagai Urgensitas Mengahadapi Revolusi Industri 4.0. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.571
Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bulan Bintang.
Farid, F., & Hatami, M. H. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kma (Keputusan Menteri Agama) Nomor 183 Tahun 2019 Pada Madrasah Tsanawiyah Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 12(1), 116–128. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol12.iss1.210
Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1). https://www.academia.edu/download/56196634/problematika.pdf
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Muhammad Thoriq Nofiansyah, Yamani, Z., & Bamualim, M. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Sdit Darus Sunnah Sumbawa. Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, XII(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol12.Iss2.291
Nurcholis, A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 283. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.999
Nurhanifah, N. S. (2021). Problematika Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab. Semnasbama, 5, 643–650. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/838
Rahman, F. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Di Kota Langsa. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6839
Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1516/
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1.). Rajawali pers. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23561
Tanjung, R., Supandi, S., & Abdillah, A. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.192
Thabroni, G. (2021). Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam. Serupa.Id. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/#google_vignette
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493
Yunus, F. A., & Al-Syeikh, M. A. R. (2003). Al-Marja’fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib. Maktabah.