EFEKTIFITAS EDUKASI LINGKUNGAN TENTANG DAMPAK NEGATIF MINYAK JELANTAH DAN SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN UNTUK SISWA DAN SISWI SMP AL-URWATUL WUTSQO INDRAMAYU

Main Article Content

Suci Amaliah Dian Farkhatus Solikha Pipit Marfiana

Abstract

Peningkatan jumlah konsumsi minyak goreng pada akhirnya akan berdampak terhadap meningkatnya penggunaan limbah rumah tangga minyak jelantah yang dikonsumsi oleh masyarakat, sedangkan penggunaan minyak jelantah apabila digunakan terus menerus secara berulang akan memberikan dampak bagi kesehatan dan sebagai pemicu penyakit kanker dan jantung, hal ini disebabkan karena pengelolaan limbah minyak goreng yang tidak sesuai dengan proses pengolahan yang benar dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah pemberian edukasi tentang minyak jelantah dapat membantu untuk memahami dampak negatif minyak jelantah dan mendorong untuk berperilaku ramah lingkungan dalam pengolahan minyak jelantah pada siswa dan siswi SMP AL-Urwatul Wutsqo-Indramayu. Metode yang digunakan adalah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimental, dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja yaitu kelas eksperimen. Pemberian edukasi mengenai dampak negatif minyak jelantah dan solusi ramah lingkungan sudah berjalan efektif, ini berdasarkan nilai tafsiran efektivitas N-Gain dengan kategori (%) memperoleh nilai sebersar 76,67434716, ini termasuk dalam tafsiran efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Amaliah, D. Solikha, and P. Marfiana, “EFEKTIFITAS EDUKASI LINGKUNGAN TENTANG DAMPAK NEGATIF MINYAK JELANTAH DAN SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN UNTUK SISWA DAN SISWI SMP AL-URWATUL WUTSQO INDRAMAYU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 332-336, May 2024.
Section
Artikel

References

Adi, P., Martomo, S., Ibdal., Novia, R., Nisya, S. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi Berbasis Minyak Jelantah Di Dusun Sidomoyo Kragilan Godean Sleman D.I. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro. Vol 4. E-ISSN: 2962-8148
Alvino, G., Afmi, A.R., Intan, P.S., Nani, N.M. (2022). Sosialisasi Dampak Dan Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Di Kampung Jati Rw. 005 Kelurahan Buaran Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-ISSN: 2714-6286
Diana, P.W., Erlyka, S., Premi, W.W. (2022). Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Pada Karang Taruna Bakti Manunggal. Jurnal ABDIMASA. 5(1)
Kusumaningtyas, R. D., Qudus, N., Putri, R. D. A., & Kusumawardani, R. (2018). Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Cuci Piring Untuk Pengendalian Pencemaran Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal ABDIMASA. 22(2)
Mirani, O., Aliffia, T.P, Isroyati. (2019) Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test. Simponi 2019. 1 (1)
Prihanto, A., & Irawan, B. (2018). Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi. Jurnal Metana. 14(2)
Rusmin, A.M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunanetra Di MTSLB/A Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan. 8(4).
Siska, M., Rahmi, M., Rama, T., Ahmad, S. (2020). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Minyak Jelantah Dengan Ekstrak Jeruk Dalam Perspektif Komunikasi Lingkungan di Kelurahan Kaligandu. Jurnal SOLMA. 2 (1)
Suryandari, E. T. (2016). Pelatihan Pemurnian Minyak Jelantah Dengan Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiacal, Linn) Untuk Pedagang Makanan Di Pujasera Ngaliyan. Dimas. Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan. 14(1)