PENDIDIKAN TRANSFORMATIF BERBASIS ISLAM PADA MASYARAKAT DESA BULUTELLUE

Main Article Content

Abdul Rahman

Abstract

Pendidikan transformatif sangat diperlukan kehadirannya, khsususnya pada masyarakat Desa agar dapat berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan pembangunan di perdesaan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap latar belakang pelaksanaan pendidikan transformatif serta aplikasinya dalam kehidupan masyarakat Desa Bulutellue. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mana data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara, kemudian dipilih dan dianalisis berdasarkan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan transformatif diprakarsai oleh para Ustaz yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Islam bukan hanya menyangkut tata cara peribadatan, tetapi juga berkaitan dengan muamalah. Pendidikan transformatif telah berhasil merubah pikiran dan tingkah laku masyarakat Desa Bulutellue yang berkaitan dengan urusan keagamaan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Rahman, “PENDIDIKAN TRANSFORMATIF BERBASIS ISLAM PADA MASYARAKAT DESA BULUTELLUE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 337-342, May 2024.
Section
Artikel

References

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.
Bramantyo, R. Y., Rahman, I., Sulistyo, H., & Windradi, F. (2021). Dampak Globalisasi dan Modernisasi Terhadap Tata Norma Masyarakat Dan Sistem Religi di Lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Transparansi Hukum, 4(1).
Hasanah, M., Thayyibah, A., & Khairi, M. F. (2023). Hakikat Modern, Modernitas Dan Modernisasi Serta Sejarah Modernisasi Di Dunia Barat. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2), 309–318.
Kesuma, A. I. (2012). Moral Ekonomi Manusia Bugis. Makassar: Rayhan Intermedia.
Komara, E. (2014). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan.
Maliki, Z. (2012). Rekonstruksi Teori Sosial Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nasirin, M. K., Arifin, M. Z. M., & Holle, M. H. (2021). Implementasi Dakwah Ekonomi Umat Di Pondok Pesantren Tarikat Shiddiqiyyah. Jurnal Education and Development, 9(2), 462–467.
Nugraha, F. (2020). Majlis Taklim dan Aktualisasi Visi Islam Transformatif. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(1), 42–60.
Prasetyo, Y. (2020). Transformasi Nilai-Nilai Islam dalam Hukum Positif. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Hukum, 5(1), 91–106.
Primarni, A., Sugito, S., Yahya, M. D., Fauziah, N., & Arifin, S. (2022). Transformasi Filosofi Pendidikan Islam pada Pondok Pesantren di Era Society 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).
Qodir, Z. (2019). Islam Berkemajuan dan Strategi Dakwah Pencerahan Umat. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 209–234.
Rahman, A. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: CV Widina Media Utama.
Rahman, A., Syukur, M., & Jumadi, J. (2021). Implementation of al-Ma'un Theology: The Movement of Muhammadiyah Educated Groups in Poverty Alleviation in Bulutellue Village, Sinjai Regency. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 25–50.
Rahmat, J. (2021). Rekayasa Sosial: Reformasi, Revolusi, dan Relasi Media-Agama Atas Kuasa. Bandung: Simbioasa Rekatama Media.
Sitompul, M. H., Tarigan, A. A., & Nasution, M. S. A. (2024). Integrasi Preferensi Manusia dalam Pengembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM): Perspektif Surat Ar Ra'd Ayat 11. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1).
Vachruddin, V. P. (2021). Konsepsi dan strategi Muhammad SAW dalam mendirikan negara Madinah al-Munawwarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 70–88.
Wahyudi, M. F. (2023). Ragam Dan Bentuk Kebijakan Strategis Transformatif Pendidikan Islam. Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–13.
Wulandari, D., Khikmah, K. A., Lutvyah, L., Latifah, M., & Sari, D. F. P. A. (2023). Dakwah Islam dan Transformasi Pendidikan Islam di Nusantara. Aksioreligia, 1(2), 78–88.
Zulhimma, Z. (2021). Dikhotomi pendidikan Islam dan umum: Sejarah dan solusi. Al-Hasany: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Kependidikan, 5(2), 109–129.