PROFIL LABORATORIUM DAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Nenni Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi kelengkapan sarana   prasarana laboratorium kimia yang ada di SMA Negeri 2 Padangsisimpuan, untuk mengetahui kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium dengan standar sarana prasarana laboratorium menurut Permendiknas No.24 Tahun 2007, serta untuk menganalisis pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket yang diberikan kepada siswa XI IPA, lembar observasi tentang kondisi laboratorium dan wawancara guru kimia tentang laboratorium dan pelaksanaan praktikum di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa sarana prasarana laboratorium kimia di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan termasuk kategori baik (72,7%). Kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium Kimia berdasarkan Permendiknas No.24 Tahun 2007 dilihat dari enam indikator hanya media pendidikan yang memenuhi standar minimal Permendiknas No.24 Tahun 2007. , Persentase dari ke enam indikator tersebut adalah prasarana sebesar 56,7% (baik), perabot 77,8% (sangat lengkap), peralatan 88,2 % (lengkap), media pendidikan 100% (sangat lengkap), bahan habis pakai 33,3% (tidak lengkap), dan perlengkapan lain sebesar 80,0% (sangat lengkap). Selanjutnya Pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan tergolong baik dengan persentase rata-rata sebesar 66,4%.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Lubis, “PROFIL LABORATORIUM DAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 299-305, May 2024.
Section
Artikel

References

Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Esson, Joan M, et, 2005, Service Learning, in Introductory Chemistry: Supplementing Chemistry Curriculum in Elementary Schools, Journal Chemical Education, 82 (8) : 1168 – 1173.
Hofstein, A., dan Lunetta, V. N., (2003), Science Laboratory Experience of high School Student Across One State in the U.s : Descriptive Research From the Classroom, Science Educator, 17 (1) : 36-44.
Hofstein, A., dan Naaman, R. M.,(2007). The laboratory in science education: the state of the art. Journal The Royal Society of Chemistry, 8: 105-107.
Lubis, N., Analisis Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Di SMA Kabupaten Mndailing Natal, Thesis, Unimed, Medan.
Jahro, I.S., dan Susilawati., (2009), Analisis Penerapan Metode Praktikum Pada Pembelajaran Ilmu Kimia Di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pendidikan, 1: 20-26.
Kasim, A., Analisis Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIII Tingkat SMP/MTS Se-Kabupaten Ende Wilayah Tengah, Skripsi, UIN Aluddin Makassar, Makassar.
Muladi, S., (2011), Pengelolaan Laboratorium IPA Di SMP Negeri 5 Karanganyar, Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menegah Atas/madrasah Aliyah.
Permendiknas, (2007), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 Tahun 2007 tentang Sarana Prasarana SD/MI, SMP/MTs, SMA/M.
Nugraha, W.A., (2005), Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses IPA Pada Praktikum Kimfis II Di Jurusan Kimia FMIPA Unimed Melalui Kegiatan Praktikum Terpadu, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 11: 107-112.
Ritonga, N.B., (2011), Analisis Pengelolaan Laboratorium SMA di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Tesis, PPS Unimed, Medan.
Supriatna, M., (2009), Studi Penelusuran Pengelolaan Laboratorium Sains SMA Sebagai Analisis Kebutuhan Untuk Pogram Diklat Pengelola Laboratorium, Jurnal Pendidikan PPPPTK IPA, 6 : 47-53.
Sutrisno, W., (2007), Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium Fisika Untuk Diklat Teknis Laboratorium. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA, Bandung.
Thantris, N. K., (2008), Pengelolaan Laboratorum dan Sistem Evaluasi Kegiatan Praktikum IPA dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Pada SMA Negeri Buleleng), Jurnal Ilmu Pendidikan : 938-953.
Wulandari, M., (2015), Profil Laboratorium IPA MTS Negeri Surakarta II Dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Tahun 2014/2015, Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.
Yurnani, H., (2010), Pemanfaatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 7: 95-104.