DESAIN ULANG OPTIMASI ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP (ESP) PADA SUMUR X LAPANGAN Y

Main Article Content

Desi Kusrini Nurkhozin Adhi Nugroho Karunia Indriani Panji

Abstract

PT. X Lapangan Y adalah perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan usaha di sektor hulu bidang Minyak dan Gas Bumi yang meliputi Eksplorasi dan Eksploitasi. Seiring dengan berjalannya waktu sumur minyak akan mengalami masalah dalam penurunan produksinya. Masalah tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, berkurangnya cadangan di reservoir, menurunnya tenaga pendorong, kerusakan mekanis pada sumur atau peralatan bawah tanah seperti kebocoran casing atau pompa. Dari beberapa faktor tersebut dapat diketahui oleh kemampuan artificial lift pada metode Electric Submersible Pump (ESP). Dalam mendesain ada hal - hal yang harus di perhitungkan agar pompa dapat bekerja pada kapasitas yang optimal, yaitu Head Capacity, Pump Efficiency,Head Capacity menentukan lift impeller yang dapat menghasilkan semua tingkat aliran yang tersedia dan Pump Efficiency berguna pada saat pemilihan pompa yang baik dengan kriteria sumur yang ada karena setiap sumur memiliki karakteristik masing – masing. Metode yang digunakan dengan menghitung kembali pompa yang terpasang dengan pompa yang akan gunakan dilihat dari laju alir yang ada dan mengasumsikan laju alir. Setelah ditinjau kembali laju alir sebelumnya adalah 770 bfpd, evaluasi yang didapat dipompa terpasang D460N 60 Hz dan dipompa yang akan dipasang D800N 60 Hz memiliki jumlah stages 246 dan horse power sebesar 0,33 HP, PSD pada pompa terpasang 6214 ft sedangkan pada pompa redesain 5719 ft, TDH pada pompa sebelumnya sebesar 5905,179 sedangkan pada pompa redesain sebesar 5848,760, memiliki jumlah stages 254 dan memiliki horse power sebesar 0,24 HP. Evaluasi ini dilakukan untuk mengoptimalkan laju alir dengan menyesuaikan operating range pompa yang akan dipasang.


 

Article Details

How to Cite
[1]
D. Kusrini, N. Nugroho, and K. Panji, “DESAIN ULANG OPTIMASI ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP (ESP) PADA SUMUR X LAPANGAN Y”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 361-366, May 2024.
Section
Artikel

References

Bradley B. Howard, 1987 Electric Submersible Pump. Petroleum Engineering Handbook;
Brown, Kernit E.1980.The Technology of Artificial Lift Method.The University of Tulsa : United States ;
Clegg, J.D., Bucaram, S.M. and Hein, N.W., New Recommendations and Comparisons for Artificial Lift Method Selection, SPE 24834;
REDA Schlumberger, 1999 Speed Star 2000 Manual Operation Variable Speed Drive, REDA;
Siswanto, Fariz. 2016. Evaluasi electric submersible pump pada sumur mudi a-1 job pertamina-petrochina east java; Cepu.
Takacs,Gabor.1947.Electric Submersible Pump Manual.Gulp Equipment Guides; Abu Dhabi;
Triyono,Jaswadi,Y.Widodo,.2015. Electric Submersible Pump Peralatan. PT PERTAMINA EP:Jakarta;