R IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN ONLINE MELALUI INSTAGRAM DI ALFA SHOP

Main Article Content

Risma Risma Adam Latif Wahyuni Saleh

Abstract

Dari proses penjualan Alfa Shop, promosi  secara  online  juga  menambah  penjualan  yang  sudah  ada  meskipun  terbilang  tidak sesignifikan  promosi  secara  offline.  Dan  apabila  penjualan  dijumlah  secara  keseluruhan  tanpa melihat  dari  metode  promosi  yang  digunakan, Alfa Shop  mengalami  peningkatan  penjualan dari waktu ke waktu.  Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi digital marketing pada penjualan online melalui instagram di Alfa Shop dan untuk mengetahui bagaimana menarik minat pembeli melalui instagram dengan baik untuk penjualan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriktif. Penentuan jumlah sampel menggunakan Slovin sebanyak 66 orang pengikut Instagram. Analisis data yang digunakan adalah skala likert.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Risma, A. Latif, and W. Saleh, “R IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN ONLINE MELALUI INSTAGRAM DI ALFA SHOP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 192-204, May 2024.
Section
Artikel

References

Aditya, R. (2016). pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi pada Komunitas Pekanbaru. 01(2), 1–23.
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi . Gava Media : Yogyakarta.
Amelia Ibnu Wasiat, F., & Bertuah, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review di Instagram. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 513–532.
Anggraeni, T. N. (2021). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat nasabah dalam penggunaan produk: Studi pada Bank Syariah Indonesia KC Malang Soekarno Hatta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 7.
Arikunto , 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi.
Ayu, N., & Nur, P. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram.
Bayu, B. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Baju Ershop Di Desa Endang Rejo. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan …, 3(1), 393–396.
Budi Harto, Abdul Rozak, & Arief Yanto Rukmana. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal),
Dharmanto, A. & I. D. (2018). Implementasi Strategi Promosi Dan Digital Marketing Melalui Instagram Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Saat Pandemi Covid 19 Di Ifootball Store Kota Bekasi. Dynamics of Asymmetric Conflict, 11(1), 1–1.
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.
Jamiat, N., Studi, P., Bisnis, A., & Komunikasi, F. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. 6(1), 1–15.
Karim, A., Kusmanto, & Purba, E. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 85–88.
Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian followers online shop instagram @ kpopconnection. 10(1), 39–50.
Lestari, P. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid'19. 23-31.
Maharani, V. E., Djuwita, A., Komunikasi, I., Masyarakat, H., & Komunikasi, F. (2020). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media komunikasi dan informasi pemerintah kota semarang. 7(2), 4566–4574.
Mahmudah, L. S. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Warung MamamYuu Kediri).
Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTokShop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1477–1491.
Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Ghalia : Bogor
Nico Singgih Miyata dan Dr. Drs. Ec. Eddy Madiono Sutanto, M. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, 7(2).
Putri Lestari, M. S. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. 3, 23–31.
Putri, A. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-commerce Pertanian Sayurbox (Studi Kasus Pada PT.Kreasi Nostra Mandiri di Jakarta). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Setiawan, W., Sama, H., & Technology, I. (2020). Penerapan digital marketing menggunakan. 1, 401–408.
Syifa Nurul Fadillah1), R. S. (2021). MENARA Ilmu Vol. XV No.02 Januari 2021. XV(02), 100–116.
Utari, M. 43., & Rumyeni, R. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya. Jom Fisip, 4(2), 1–22.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146.