KAJIAN LITERATUR PADA PENGGUNAAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN VOSVIEWERS

Main Article Content

Amaliah Amaliah Wawan Setiawardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara bibliometrik berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar khususnya pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif berdasarkan hasil tinjauan berbagai literatur, dengan pencarian metadata dari Google Scholar dengan bantuan program Publish or Perish. Pencarian literatur memilih kata kunci dan judul, antara lain kata kunci “Team Quiz”, “Pembelajaran IPA”. Metadata diperoleh dari 57 literatur yang kemudian direduksi melalui analisis meta data dengan bantuan program VOSviewer. Analisis menggunakan VOSviewers dapat membantu memvisualisasikan korelasi keyword antar penelitian terdahulu. Analisis menggunakan VOSviewers menghasilkan 3 visualisasi, yaitu, overlay visualization, network visualization, dan density visualization. Hasil penelitian mengenai model pembelajaran team quiz baru mulai banyak dikaji pada tahun 2022. Pada tahun 2021 penelitian masih membahas mengenai hasil belajar dan prestasi belajar, selanjutnya pada tahun 2022 penelitian membahas mengenai hasil belajar, model pembelajaran, belajar secara aktif (active learning), team quiz, minat belajar, model pembelajaran kooperatif, hingga keaktifan belajar. Kemudian pada tahun 2023 penelitian semakin berkembang yang membahas mengenai penerapan team quiz dalam kegiatan pembelajaran seperti penerapannya dalam pembelajaran matematika, tematik, modul materi pembelajaran, hingga animasi.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Amaliah and W. Setiawardani, “KAJIAN LITERATUR PADA PENGGUNAAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN VOSVIEWERS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 120-124, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Adibah, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 589–620. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i3-8
Ainin, D. T., Amaliyah, Y., & Mardiana, M. (2020). Pengaruh Implementasi Teknik Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 121–128. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.121-128
Aisyah, I., Daulay, N. K., & Andhany, E. (2022). Pengaruh Model Team Quiz dan Jigsaw Terhadap Bepikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 498–503.
Anisa Nuraeini, Auranisa, J. D., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Khasanah, N. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Teknik Team Quiz Kelas IV SDN Kalibanteng Kulon 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 1–23.
Arifah, D. M. (2023). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Team Quiz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Gili Barat. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 223–234.
Asran, M., Aprisal, & Yahya, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Quiz Team Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 6(2), 36–42.
Cahya, M. D., Zubaidah, S., Munzil, M., & Wicaksono, A. G. C. (2022). Improving Students’ Critical Thinking in Biology Learning through Reading, Concept Mapping-Team Quiz. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(10), 466–474. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/16081
D, N. K., Aisyah, S., & Ilmawati, S. (2023). Metode Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anatomi Fisiologi. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 72–78. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2037
Dina, D. A., Baharullah, & Kristiawati. (2024). Implementation of Team Quiz to Improve Mathematics Learning Outcomes of Elementary School Students. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 47–58. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i2.1088
Fadhilah, D. L., Isrokatun, I., & Syahid, A. A. (2024). Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 893–901. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.969
Fakhriyan, & Wahidin. (2022). Analisis Keaktifan Peserta Didik Kelas V dalam Pembelajaran IPS dengan Metode Team Quiz. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10).
Herlina, K., Heryati, T., & Samiri, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pebelajaran Aktif Tipe Quiz Team. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 613–619.
I Made Subawa. (2020). Peningkatan Prestasi Kimia Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Bakti Saraswati, 09(01), 22–30.
Ilmiyah, E. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sisw pada Mata Pelajaran SKI Pokok Bahasan Peradaban Dinasti Abbasiyah Melalui Strategi Quiz Team di Kelas VIII A.2 MTs Gondang Wonopringgo. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 495–502. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i4.1707
Kartimi, K., Yunita, Y., Addiin, I., & Shidiq, A. S. (2022). A Bibliometric Analysis on Chemistry Virtual Laboratory. Educacion Quimica, 33(2), 194–208. https://doi.org/10.22201/FQ.18708404E.2022.2.80579
Lina, E., Aprinawati, I., & Mufarizuddin, M. (2022). An Application of the Team Quiz Learning Model to Improving Cooperation Capabilities in Elementary School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2900–2910. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4428
Nofrianti, U., & Rahmatina. (2021). Peningkatan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 15 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 5(2), 5370–5377.
Purba, W. T. C. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122345 Pematang Siantar. Jurnal Diversita, 9(1), 59–67. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i1.8100
Putri, T. A., Kusuma, A. I., & Hikmawati, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Team Quiz Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 20 Pangkalpinang RI.20 Pangkalpinang. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(4), 657–670.
Riyanto, S. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Tema 1 tentang Berbagai Bentuk Keberagaman di Indonesia melalui Pembelajaran Model Team Quiz Berbasis CD Pembelajaran pada Siswa Kelas VI. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(April), 103–110. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/363%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/download/363/271
Sakdiah, N. (2021). Penggunaan Alat Praktikum untuk Menunjang Keberhasilan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi, 2(1), 21–30.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182
Sartika, R. M., & Mai Sri Lena. (2021). Peningkatan Hasil Belajar pada Pemelajaran Tematik Terpadu dengan Model Team Quiz di SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 6.
Serim, A. B. Ö., & Bilgili, A. (2023). Digitized Higher Education: Digital Transformation in Education from a Bibliometric Perspective. The Journal of International Scientific Researches, 8(3), 531–549. https://doi.org/10.23834/isrjournal.1359200
Setiasih, O., Nandi, Rusman, Setiawardani, W., & Yusron, E. (2023). Techno-Pedagogy Model Development: Can Techno-Pedagogy Learning Improve Digital Literacy (Vol. 1). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-236-1_6
Setiasih, R. O., Setiawardani, W., & Yusron, E. (2024). Applying the UTAUT Model to Understand Factors Affecting the Use of Learning Management System for Learning Pedagogical Education. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 231–238. https://orcid.org/0000-0003-2701-8553
Setiawardani, W. (2024). Phenomenology Study : Higher Education Students Digital Literacy. 4883, 4177–4186.
Ulwiyah, N., Luthfiyah, I. Z., & Hasunah, U. (2023). Implementasi Metode Team Quiz dan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Mdrasah Ibtidaiyah Darul Ulum II Bendungrejo Jogoroto Jombang. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 1–26.
Utaminingsih, R., & Alym, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Margoyasan Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(3), 1455–1463. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i3.12405
Wati, A. R., & Jani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di MAN 8 Jombang. Jurnal Nakula :Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(1).