PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI TERHADAP KETERLIBATAN PESERTA DIDIK

Main Article Content

Fina Oktafiani Sri Sumaryati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah belum optimalnya keterlibatan peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Quizizz pada materi persamaan dasar akuntansi terhadap keterlibatan siswa dalam aspek perilaku, emosional, dan kognitif. Penelitian ini adalah studi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Pengumpulan data mengandalkan pada kuesioner, sementara analisis melibatkan uji Independent Sample t-Test, uji Paired Sample t-Test, dan N-Gain dengan bantuan SPSS 26, semua pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz pada materi persamaan dasar akuntansi terhadap keterlibatan siswa dalam perilaku, emosi, kognitif, dan secara keseluruhan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05 dalam uji Independent Sample t-Test dan Paired Sample t-Test serta hasil N-Gain yang menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dalam kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan Quizizz termasuk kategori rendah.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Oktafiani and S. Sumaryati, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI TERHADAP KETERLIBATAN PESERTA DIDIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 225-234, May 2024.
Section
Artikel

References

Artantio, F. I., Nuraini, K., Mardila, M., & Laily. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Dalam Meminimalisir Tingkat Kecurangan Akademik Pada Siswa Akuntansi SMK Islam Batu. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2(3), 85–92. http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2508%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/viewFile/2508/1689
Axelson, B. R. D., & Flick, A. (2011). By Rick D. Axelson and Arend Flick. Change: The Magazine of Higher Learning, 43 (1)(February 2011), 38–43.
Bond, M., & Bedenlier, S. (2019). Facilitar la participación de los estudiantes a través de la tecnología educativa: hacia un marco conceptual. Journal of Interactive Media in Education, 2019(1), 1–14. https://jime.open.ac.uk/articles/10.5334/jime.528/
Bond, M., Buntins, K., Bedenlier, S., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. (2020). Mapping research in student engagement and educational technology in higher education: a systematic evidence map. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0176-8
Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2nd Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology 2017: Digital Economy for Sustainable Growth, ICDAMT 2017, 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957
Chiu, T. K. F. (2022). Applying the self-determination theory (SDT) to explain student engagement in online learning during the COVID-19 pandemic. Journal of Research on Technology in Education, 54(S1), S14–S30. https://doi.org/10.1080/15391523.2021.1891998
Deosari, A., & Appulembang, O. D. (2022). Penerapan Penguatan Positif Terhadap Keterlibatan Perilaku Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh [the Implementation of Positive Reinforcement on Students’ Behavior in Distance Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 90. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.2868
Dixson, M. D. (2015). Measuring student engagement in the online course: the Online Student Engagement scale (OSE).(Section II: Faculty Attitudes and Student Engagement)(Report). Online Learning Journal (OLJ), 19(4), 143.
Fikrie, F., & Ariani, L. (2021). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019 Fakultas Pendidikan Psikologi, April, 103–110.
Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson, M. A. (2016). Student engagement, Context, And adjustment: Addressing definitional, Measurement, And methodological issues. Learning and Instruction, 43, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.02.002
Gunness, A., Matanda, M. J., & Rajaguru, R. (2023). Effect of student responsiveness to instructional innovation on student engagement in semi-synchronous online learning environments: The mediating role of personal technological innovativeness and perceived usefulness. In Computers and Education (Vol. 205). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104884
Gunuc, S., & Kuzu, A. (2015). Student engagement scale: development, reliability and validity. Assessment and Evaluation in Higher Education, 40(4), 587–610. https://doi.org/10.1080/02602938.2014.938019
Halimatusyadiah, H., & others. (2023). The The Benefits of Interactive Media Websites Through Google Sites on Learning Outcomes of Elementary School Students. Jurnal Lingua Idea, 14(1), 92–108.
Hanaysha, J. R., Shriedeh, F. B., & In’airat, M. (2023). Impact of classroom environment, teacher competency, information and communication technology resources, and university facilities on student engagement and academic performance. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2), 100188. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100188
Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038
Jasni, S. M., & Hastuti, H. (2021). Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Sejarah Menggunakan Model TGT Dengan Aplikasi Quizizz di SMAN 2 Pariaman. Jurnal Kronologi, 3(4), 440–448. https://doi.org/10.24036/jk.v3i4.283
Kahu, E. R., & Nelson, K. (2018). Student engagement in the educational interface: understanding the mechanisms of student success. Higher Education Research and Development, 37(1), 58–71. https://doi.org/10.1080/07294360.2017.1344197
Kearsley, G., & Shneiderman, B. (1998). A framework for technology-based teaching and learning. Education Technology, 1(1), 20–37. www.jstor.org/stable/44428478
Marcia, V., Darmawan, D., & Safitri, E. R. (2020). Penggunaan E-Learning Model Scorm Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Keterlibatan Peserta Didik (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK Negeri 12 Garut). Teknologi …, 5(September), 983–989. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/1559
Maspupah, A., & Wulan, S. R. (2021). Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Fitur Lesson Quizizz. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 439. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3761
Miladanta, A. N., & Muharam, A. A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Fikri Materi Gerak. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 27(I), 25–37.
Nurfaisah, A., & Said, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 375. https://doi.org/10.26858/jkp.v6i2.33079
Peters, H., Zdravkovic, M., João Costa, M., Celenza, A., Ghias, K., Klamen, D., Mossop, L., Rieder, M., Devi Nadarajah, V., Wangsaturaka, D., Wohlin, M., & Weggemans, M. (2019). Twelve tips for enhancing student engagement. Medical Teacher, 41(6), 632–637. https://doi.org/10.1080/0142159X.2018.1459530
Sagala, I. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Akuntansi. Journal on Education, 05(04), 14338–14348.
Sani, Abdullah, R. (2016). Metode Pembelajaran Saintifik. Trabajo Infantil, 53(9), 178. http://digilib.unimed.ac.id/1630/
Schindler, L. A., Burkholder, G. J., Morad, O. A., & Marsh, C. (2017). Computer-based technology and student engagement: a critical review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0063-0
Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Teng, Y., & Wang, X. (2021). The effect of two educational technology tools on student engagement in Chinese EFL courses. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00263-0
Umamiyah, N., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Keterlibatan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika, 28(2), 1–14. http://eprints.umg.ac.id/5704/
Wang, M. Te, & Amemiya, J. (2019). Changing beliefs to be engaged in school: Using integrated mindset interventions to promote student engagement during school transitions. In Handbook of Student Engagement Interventions: Working with Disengaged Students. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813413-9.00012-7
Wang, M. Te, Chow, A., Hofkens, T., & Salmela-Aro, K. (2015). The trajectories of student emotional engagement and school burnout with academic and psychological development: Findings from Finnish adolescents. Learning and Instruction, 36, 57–65. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.11.004
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693
Wolf, R. (2023). Enhancing student engagement: Engaging the post-pandemic face-to-face prelicensure nursing student: A review of the literature. Teaching and Learning in Nursing, 18(4), 534–540. https://doi.org/10.1016/j.teln.2023.07.012