PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KAMPANYE EDUKASI PENCEGAHAN KDRT UNTUK PEREMPUAN USIA 21-30 TAHUN
Main Article Content
Abstract
Kampanye merupakan kegiatan penyampaian informasi terencana dengan tujuan mempengaruhi pandangan maupun sikap seseorang yang dilakukan bertahap pada waktu tertentu. Kehidupan dalam rumah tangga tidak terlepas dari permasalahan rumah tangga yang ada. Permasalahan dalam rumah tangga yang terlampau berat berujung pada perceraian. Salah satu faktor permasalahan rumah tangga yang berujung perceraian yaitu KDRT. Kasus KDRT didominasi oleh korban perempuan melalui Catatan Komnas Perempuan tahun 2023. Tujuan perancangan strategi pemasaran kampanye pada media sosial Instagram untuk memberikan edukasi kesadaran kepada perempuan yang belum menikah tentang pentingnya mencegah KDRT untuk kehidupan berumah tangga nantinya. Dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, FGD, dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan teknik analisis fishbone dan teknik analisis 5W+1H menghasilkan kata kunci “Edukasi Cermat Memilih Pasangan Hidup” sebagai acuan konsep verbal dan visual dari strategi pemasaran melalui media sosial instagram. Hasil dari strategi pemasaran melalui media sosial instagram kampanye edukasi ini diharap dapat menjadi bentuk upaya Perempuan menncegah KDRT dimasa mendatang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraeni, B., Putri, S., Pranayama, A., Sutanto, R. P., Kristen, U., & Surabaya, P. (2018). Perancangan Kampanye “Sizter’s Project” sebagai Upaya Pencegahan Body Shaming Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain. Jurnal DKV Adiwarna , 1(12), 1–9.
Anggraini, N., Hanandini, D., & Pramono, W. (2019). Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Perceraian dalam Keluarga.Padang:CV. Rumahkayu Pustaka Utama
Dataindonesia.id (2023). Penyebab Perceraian di Indonesia pada 2022. https://dataindonesia.id/varia/detail/perselisihan-jadi-sebab-utama-perceraian-di-indonesia-pada-2022, diakses pada 22 Februari 2024
Catahu(2023). Catatan Tahunan Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2022 (CATAHU 2023). https://komnasperempuan.go.id/catatan-tahunan-detail/catahu2023-kekerasan-terhadap-perempuan-di-ranah-publik-dan-negara-minimnya-perlindungan-dan-pemulihan, diakses tanggal 10 Januari 2024
Gunawan, A. P. P., & Arumsari, R. Y. (2018). Perancangan Video Anti Kekerasan Terhadap Istri. Jurnal of Art & Design, 5(3), 2159–2167.
Hadini, B. C., & Indrojarwo, B. T. (2021). Perancangan Kampanye Media Sosial Instagram ‘Youthoffers’ sebagai Channel Informasi Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2), 191–196.
Hardani, S., Wilaela, Bakhtiar, N., & Hertina. (2010). Perempuan Dalam Lingkaran KDRT. Riau: Pusat Studi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim.
Hernawan, W., & Basri, H. (2020). Kampanye Kesehatan Lingkungan. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
KemenPPPA (2022). Data catatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) tentang jumlah korban perempuan pada kekerasan di Indonesia tahun 2022. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan, diakses pada tanggal 30 Januari 2024
Ruslan, R. (2023). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Depok: Rajawali Pers
Savy Amira WCC. (2023). Profil Savy Amira Women Cricis Center. Di akses pada 16 Oktober 2023 melalui https://www.savyamirawcc.com/tentang-kami/profil/.
Tina Marlina, Montisa Mariana, & Irma Maulida. (2022). Sosialisasi Undang-Undang Nomer 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Abdimas Awang Long, 5(2), 67–73.
Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga Pemahaman Hakikat Keluarga Penanganan Problematika Rumah Tangga.
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Pena Persada Redaksi.