PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN E-COMMERCE PADA SHELLY YUMMI SIDIMPUAN KOTA PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Shelly Yummi Sidimpuan yang beralamat di Jl. Sikoring-koring, Kelurahan Batang Ayumi Julu, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan dengan tujuan untuk melihat 1) Gambaran e-commerce pada Shelly Yummi Sidimpuan. 2) Gambaran tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce. 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian komparatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Kemudian data yang diperoleh dalam penelitian ini akan diolah menggunakan SPSS versi 22 sihingga diperoleh gambaran deskripsi tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum menggunakan e-commerce yaitu untuk total pendapatan tertinggi terjadi pada bulan Agustus 2021 dengan total pendapatan sebesar Rp.32.000.000 sedangkan untuk total pendapatan terendahnya terjadi pada bulan Juni 2021 dengan total pendapatan sebesar Rp.25.600.000 dengan jumlah mean atau rata-rata total pendapatan yang diperoleh Shelly Yummi Sidimpuan sebelum menggunakan e-commerce adalah sebesar Rp.28.163.333 dan deskripsi tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sesudah menggunakan e-commerce yaitu
Penelitian ini dilaksanakan di Shelly Yummi Sidimpuan yang beralamat di Jl. Sikoring-koring, Kelurahan Batang Ayumi Julu, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan dengan tujuan untuk melihat 1) Gambaran e-commerce pada Shelly Yummi Sidimpuan. 2) Gambaran tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce. 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian komparatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Kemudian data yang diperoleh dalam penelitian ini akan diolah menggunakan SPSS versi 22 sihingga diperoleh gambaran deskripsi tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sebelum menggunakan e-commerce yaitu untuk total pendapatan tertinggi terjadi pada bulan Agustus 2021 dengan total pendapatan sebesar Rp.32.000.000 sedangkan untuk total pendapatan terendahnya terjadi pada bulan Juni 2021 dengan total pendapatan sebesar Rp.25.600.000 dengan jumlah mean atau rata-rata total pendapatan yang diperoleh Shelly Yummi Sidimpuan sebelum menggunakan e-commerce adalah sebesar Rp.28.163.333 dan deskripsi tingkat pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sesudah menggunakan e-commerce yaitu untuk total pendapatan tertinggi terjadi pada bulan Desember 2022 dengan total penerimaan sebesar Rp.45.000.000 sedangkan untuk total pendapatan terendahnya sebesar Rp.32.000.000 terjadi pada bulan Januari 2022 dengan rata-rata total pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sesudah menggunakan e-commerce yaitu sebesar Rp.38.263.333 .Berdasarkan analisis uji komparatif melalui software SPSS versi 22 yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan paired sample test menunjukkan bahwa nilai t-hitung yaitu 9,263 dengan signifikan sebesar 0,000 dari hasil perhitungan yang diperoleh demikian dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce pada Shelly Yummi Sidimpuan.
untuk total pendapatan tertinggi terjadi pada bulan Desember 2022 dengan total penerimaan sebesar Rp.45.000.000 sedangkan untuk total pendapatan terendahnya sebesar Rp.32.000.000 terjadi pada bulan Januari 2022 dengan rata-rata total pendapatan Shelly Yummi Sidimpuan sesudah menggunakan e-commerce yaitu sebesar Rp.38.263.333 .Berdasarkan analisis uji komparatif melalui software SPSS versi 22 yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan paired sample test menunjukkan bahwa nilai t-hitung yaitu 9,263 dengan signifikan sebesar 0,000 dari hasil perhitungan yang diperoleh demikian dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce pada Shelly Yummi Sidimpuan.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kommunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Faulina, Sri Tita. dkk. 2021. Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Pemesanan Soundsystem dan Organ tunggal Jefri. Jurnal Informatika dan Komputer (JIK). Vol. 12. No. 2 (2021) 1-9
Iskandar. 2017. Pengaruh Pendapatan Terhadap Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa. Jurnal SAMUDRA EKONOMIKA. Vol. 1. No. 2
Madiun, Madcoms. 2011. Sukses Membangun Toko Online Dengan E-Commerce. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Peburiyanti, Desi dan Sabran. 2020. Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini di Tenggarong. JEMI. Vol. 20. No. 1
Pratama, I Putu Agus Eka Pratama. 2015. E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika
Purwati, Astri Ayu. dkk. 2019. Analisis Pengaruh Iklan dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT. Vol. 30. No. 1
Puspita, Jelita. 2019. Pengaruh Kemampuan Pedagang Dan Kondisi Pasar Terhadap Pendapatan Bersih Pedagang Kaki Lima Di Pasar Induk Pagar Dewa Kota Bengkulu. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Rahayu, Pipit Fitri & Martha Rianty. 2021. Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Volume. 16. No. 2
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sukirno,Sudono. 2008. Teori Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryani & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif, Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Sutejo, Bertha Silvia. 2006. Internet Marketing: Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran. Jurnal Manajemen. Vol. 6. No. 1
Swastha, Basu. 2018. Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Wiwin. 2022. Pengaruh Perkembangan E-Commerce Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kecamatan Panjang Di Tinjau Dalam Perspektif Islam (Studi Pada UMKM Central Kerupuk Kemplang Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung). Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.