PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI INSHOT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA FASE D SMP NEGERI 14 MEDAN

Main Article Content

Siti Nurhaliza Manurung Elza L.L Saragih Martua Reynhat Sitanggang Gusar

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa ditekankan untuk memahami jenis-jenis teks serta mempu menuliskan teks dengan baik dan benar. Teks narasi merupakan materi pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teks narasi merupakan sebuah cerita yang dituliskan ke dalam bentuk teks yang bertujuan untuk menyampaikan peristiwa yang dialami oleh penulis agar pembaca seakan dapat merasakan peristiwa yang dialami oleh penulis agar pembaca seakan dapat merasakan tersebut dan memberikan kesan bagi pembaca. Diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis khususnya pada teks narasi kini ada dalam kategori rendah. Ketidakmampuan siswa dalam menulis teks narasi yang memenuhi ciri-ciri teks narasi, kaidah kebahasaan, struktur teks, kesesuaian isi dengan topik serta penggunaan ejaan dan tanda baca. Di era digital yang semakin berkembang, diketahui bahwa penggunaan media atau alat dalam pembelajaran membuat siswa mampu menulis teks narasi. Dalam konteks ini, penulis mencoba menggunakan media aplikasi inshot. Untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan media aplikasi inshot, dilakukan eksperimen penggunaan media pada dua kelas yang berbeda untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi inshot. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian di kelas posttest eksperimen dan kontrol menggunakan media aplikasi inshot dalam menulis teks narasi, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 59.81 dengan simpangan baku 9.95 dan kelas eksperimen rata-rata 77,81 dengan simpangan baku 9.26. hasil uji persyaratan data posttest di kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Thitung > Ttabel = 9,71 > 1,66. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media aplikasi inshot terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa-siswi fase D SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Manurung, E. L. Saragih, and M. R. S. Gusar, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI INSHOT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA FASE D SMP NEGERI 14 MEDAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 381-389, May 2024.
Section
Artikel

References

Ambarsari, R. Y., Santoso, A. B., Asfuri, N. B., & Nurjihat, I. (2023). Analisis kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Jurnal Fundadikdas, 50-59.
Amir, H., & Susanti, L. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoretik dan Praktik. Malang: Literasi Nusantara.
Anggita Wijaya, D., Dermawan, t., & Nur Hamidah Ulfa, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas IV UPT SD Negeri Kaweron 02. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3575.
Ani, D., & Dkk. (2023). Konsep Dasar Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 282-294.
Cahyani, A., Dewi, K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dasar, 41-49.
Gultom. Elki, Y., Fauzi, R., & Siregar, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Inshot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Vinertek, 27.
Gusar, M. R., & Irene, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans TV. Jurnal Dinamika Pendidikan, 207.
Islamidar. (2020). Jurnal Literasiologi Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Indonesian Journal of Basic Education, 73-84.
Jannah, R. (2021). Analisis Penggunaan Kaidah Kebahasaan Dalam Teks Narasi Siswa Kelas V. Renjana Pendidikan Dasar, 2.
Jumriah. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kolaka dalam Menulis Teks Narasi. Jurnal Cendekia Ilmiah, 271.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 186.
Khairunisa, N. L., & Sodiq, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Inshot pada Pembelajaran Teks Prosedur di SMP. BALAPA, 102-110.
Khalid, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4.
Khalik, I. (2021). Jurnal Literasiologi Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Literasiologi, 1.
Kusumawardani, S., Santoso, G., & Masrurotun, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Metode Image Streaming Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 10. 2.
Mulyani, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Kreatif. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 960.
Nisa, R., & Nurjannah. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Jurnal Penelitian Pendidikan, 248-257.
Nurlaili. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Narasi Menggunakan Model Complete Sentence Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10.
Parlina, I., & Sa'udah. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot dalam Menulis Puisi. Jurnal Dialektologi, 112.
Pratikno, H., Dewi, A. N., & Silviany, I. Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Unisba dalam Menganalisis dan Menulis Teks dengan Penguatan Materi Kebahasaan. Jurnal Bastrindo, 15.
Putri, S. A., & Suriani, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Inshot Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6291-6301.
Qonnitatillah, J., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Cerpen Dengan Menggunakan Aplikasi Inshot Materi Proses Perumusan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1787.
Rahmawati, R. D., & Shofiyani, A. (2020). Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Education and Development, 85-96.
Rif'ah, A. T. (2023). Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 010 Blok B. 1.
Sabilla, S., Khairani, L. P., & Syaputra, E. (2022). Menganalisis Kemampuan Gemar Membaca Teks Narasi Siswa Di Man 2 Deli Serdang. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 159-164.
Saswati, R., & Arifin, S. (2023). Membaca Teks Narasi Menggunakan Strategi Story Map Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1225-1230.
Sati, P. L., Poerwadi, P., Asi, Y. E., Nurachmana, A., & Lestariningtyas, S. R. (2023). Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Film Layangan Putus Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau), 108-125.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan RND. Bandung: Supoto.
Sujarweni, V. W. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 72.
Sulaiman, Agus, M., & Indramini. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Bahasa, 157.
Sulaiman, Firani, K. S., & Wulandari, N. I. (2023). Analisis Minat Membaca Dan Menulis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Blesed Learning Pada Sekolah Dasar. Conference Of Elementary Students, 716.
Turnip, E., & Lubis, M. J. (2022). Korelasi Penguasaan Pengetahuan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Kemampuan Menyajikan Cerita Imajinasi Secara Tertulis Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jurnal Bahasa, 3.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 51-57.
Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 GAMPING. Jurnal Skripta, 14.
Wijaya, A., Akhbar, T., & Dedy, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Sparkol Video Scribe pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 235 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 662-669.
Yulia. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Strategi Menulis Terbimbing Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6.
Zahranisa, A., Marlina, N., & Zuliani, R. (2023). Kefektivitas Pengunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas III SDN Sindang Panon 2. Jurnal Pendidikan dan Sains, 775-789.