REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI ENERGI DI MTS TI AL-MADANI

Main Article Content

Sumiarti Mafatihus Solehah Stepanus Sahala Sitompul Muhammad Musa Syarif Hidayatullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model CLIS untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada materi energi di MTs TI Al-Madani. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs TI Al-Madani. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas VII B sebagai sampel yang dipilih secara intact group. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda dengan tiga alternatif jawaban dengan alasan terbuka. Profil miskonsepsi siswa sebelum dilakukan remediasi tergolong tinggi, dengan persentase 86%. Setelah dilakukan remediasi, miskonsepsi siswa relatif rendah dengan persentase sebesar 36%. Rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada pretest sebesar 86% dan pada posttest sebesar 36%. Rata-rata persentase penurunan miskonsepsi sebesar 58%. Setelah dilakukan remediasi miskonsepsi menggunakan model CLIS pada materi energi, terjadi perubahan konseptual yang signifikan pada siswa berdasarkan hasil uji Mc Nemar dengan nilai χ2hitung (124,57) > χ2tabel (3,84) untuk α=5 dan db=1. Efektivitas remediasi yang diperoleh berdasarkan harga rata-rata DQM sebesar 58% (kategori sedang). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menerapkan model CLIS untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada materi energi.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Solehah, S. Sitompul, and M. M. Hidayatullah, “REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI ENERGI DI MTS TI AL-MADANI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 298-305, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arisantiani, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahua IPA. Journal of Educatio Techology.
Asshagab, S. M. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Children's Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Hukum Newton Siswa. Repository.
Baharuddin, dkk. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA.
Fitria, E. (2022). Remediasi miskonsepsi Materi Tekanan Zat CAir pada Siswa SMA Negeri 3 Halmahera Timur dengan Model Pembelajran Children Learning in Scince (CLIS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Giancoli. (2001). Fisika Jilid I Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Indriyani, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Novick Berbantuan Conceptual Change Text Untuk Meremediasi Miskonsepsi Pada Materi Energi. JPPK
Iryani. (2018). Remediasi Miskonsepsisiswa Dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Simulasi PhET. JPPK.
Ismail, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Mutimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi.
Kanginan, M. (2016). Fisika SMA/MA Kelas X . Jakarta: Erlangga.
Mosik. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konfilk Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Mufit, F., Asrizal, A. & Puspitasari, R. (2020). Meta-Analysis Of The Effect Of Cognitive Conflict On Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika.
Nugraha, Hilda A. (2014). Analisis Miskonsepsi Topik Usaha dan Energi Siswa Kelas XI Setelah Pembelaaran Kooperatif Menggunakan Simulasi Komputer. Repository.
Nurhasanah. (2016). Integrasi Remediasi Miskonsepsi dalam Pembelajaran Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.
Patria, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Ambawang pada Materi Tekanan Udara. JPPK.

Resnick Halliday and Walker. (2010). Fisika Dasar Edisi 7 jilid I. Jakarta: Erlangga.
Sari, R. R., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Dengan Orientasi Melalui Observasi Gejala Fisis Dalam Pembelajarn IPA Fisika Di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika.
Sarjono. (2017). Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pemelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Madaniyah.
Setiawan, Wawan Eka dan Rusmana, Neri Egi. (2018). Penerpan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Penbelaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora.
Tayubi, Yuyu, R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Repository.
Tipler, P. A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: ALFABETA.