MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM

Main Article Content

Nada Liah Haratua Tiur Maria Erwina Oktavianty

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perpindahan kalor di SMA Negeri 10 Pontianak melalui penerapan model Project Based Learning dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Bentuk penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design, yang melibatkan 36 peserta didik masing-masing kelas eksperimen (X.C) dan kelas kontrol (X.D) di SMA Negeri 10 Pontianak. Soal essai sebanyak 5 butir soal yang mewakili lima indikator keterampilan berpikir kritis (memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, mengatur strategi dan taktik, kesimpulan dan memberikan penjelasan lebih lanjut) merupakan instrumen dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahawa adanya perbedaan peningkatan pada keterampilan berpikir kritis peserta didik terhadap materi perpindahan kalor. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan N-gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,34 dengan kategori rendah yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan peserta didik sesudah penerapan model Project Based Learning dengan pendekatan STEAM.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Liah, H. Maria, and E. Oktavianty, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 114-119, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Bedir, H. (2019). Pre-Service Elt Teachers’ Beliefs And Perceptions On 21st Century Learning And Innovation Skills (4cs). Journal Of Language And Linguistic Studies, 15(1), 231–246. Retrieved From Www.Jlls.Org.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis (Nomor 1).
Hadinugrahaningsih, dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 Dan Steam Project Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: Lppm Unj. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/80a7/C7D4a98987590751df4b1bd9adf747fd7aaa. Pdf.
Ismayani,Ani. (2016). Pengaruh Penerapan Stem Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa Smk. Journal Of Mathematics And Education 3 (4).
Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).
Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13886.
Redhana, Wayan I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1. Hal 2239.
Riyanti. (2020). Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.
Salma, Fathimah. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Materi Plantae.Skripsi . Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suryaningsih, S., & Ainun Nisa, F. (2021). Kontribusi Steam Project Based Learning Dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1097– 1111. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i6.198.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual- 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.
Winda, Ulfa, M & Warneri. (2020). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi Kelas Xi Akuntansi 2 Di Smk N 1 Pontianak. Hlm. 2.
Zubaidah, Siti. 2019. Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional. Fmipa Universitas Negeri Malang.