PENGARUH BAHASA PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DI KOTA MEDAN

Main Article Content

Misla Geubrina Zuindra Zuindra Mayasari Mayasari Hendra Mulia

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia, khususnya di kota Medan sudah mulai bangkit danberangsur pulih setelah dilanda covid-19.Kunjungan wisatawan semakin ramai membuat objek wisata di kota Medan memberikan kontribusi bagi pemerintah kota Medan. Terjadinya lonjakan pengunjung disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah adanyakomunikasi atau bahasa informasi yang bersifat persuasif sehingga memberikan nilaipositif dan dampak terhadap pertambahan jumlah pengunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif dalammeningkatkan jumlah wisatawan pada objek wisata di Kota Medan, khususnya di IstanaMaimun Medan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah sampling accidental. Sumber data primerpenelitian ini yaitu diperoleh dengan cara menyebarkan quesioner kepada pengunjung objek wisata tersebut. Jenis skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi persuasifberpengaruh signifikan terhadap minat wisatawan. Besarnya kontribusikomunikasipersuasif dalam mempengaruhi minat wisatawan adalah sebesar 0,465. Artinya bahwa komunikasi persuasif sangat penting karena akan mampu meningkat jumlah wisatawan sebesar 46,50%.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Geubrina, Z. Zuindra, M. Mayasari, and H. Mulia, “PENGARUH BAHASA PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DI KOTA MEDAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 292-298, May 2024.
Section
Artikel

References

Babin BJ, Lee Y, Kim E. Modeling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage in Korea. 2005;(July 2015). Choirina AN. Pengaruh Komunikasi Persuasif Beuty Advisor Kosmetik Wardah Terhadap Minat Beli Konsumen di Laris Swalayan Kartasura. 2021;25.Available from: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93631 Crystallography XD. 済無No Title No Title No Title. 2016. 1–23 p. Dan P, Disbudpar K, Kunjungan M, Di W. Strategi KomunikasiDinas Kebudayaan. 2013;1(3):450–64. Novianti E, Endyana C, Lusiana E, Wulung SRP. Komunikasi Persuasif dan Penerapannya di Daya Tarik Wisata Tebing Keraton Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung Pendidikan Pariwisata, Universitas Pendidikan Indonesia , Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung Persu. J Sustain Tour Res. 2020;2(3):43–7. Purnomo RA. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Cv. Wade Group. 2016. 1–177 p. Ramadoni MA, Hermansyah T, Bina U, Palembang D. Obyek Wisata Bukit Seguntang. 2022:2(1):81–100. Sitepu E, Sabrin. Strategi Komunikasi PariwisataDalamMeningkatkan Minat Berwisata Di Sumatera Utara. Agustus. 2020:9:28–44.