PENULISAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN YANG EFEKTIF UNTUK PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Main Article Content

Wenny Wenny Feby Yoana Siregar Elly Romy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang prinsip-prinsip penulisan yang harus diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar bahasa Mandarin. Bahan ajar yang disusun khusus digunakan untuk mahasiswa/i Program Studi Manajemen dengan memerhatikan kepentingan dan target program studi Manajemen Universitas Prima Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk penyebaran kuesioner dan pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa bahan ajar bahasa Mandarin yang sesuai dan efektif dapat meningkatkan standar pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan bahan ajar bahasa Mandarin yang digunakan sekarang masih belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ditambah lagi, bahan ajar bahasa Mandarin yang digunakan masih bersifat umum.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Wenny, F. Siregar, and E. Romy, “PENULISAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN YANG EFEKTIF UNTUK PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 501-506, May 2024.
Section
Artikel

References

Dick, W., Carey, L., Carey, J. O. (2005). The Systematic Design of Instruction (6th ed). New Jersey: Pearson.
Hanban. (2006). 长城汉语-生存交际1(Great Wall Chinese-Essentials in Communication1).
Li, Q. (2006). 对外汉语教材研究 (PenelitianBahan Ajar Bahasa Mandarin untuk Orang Asing). Beijing: The Commercial Press.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
O’neill, R. (1982). Why Use Textbooks. ELT Journal, 36(2), 104–111.
Pannen, P &Purwanto. (2011). PenulisanBahan Ajar. Jakarta: Pusat antar Universitas untukPeningkatan dan PengembanganAktivitasInstruksionalDitjenDikti Dinas.
Prastowo, A. (2011). Paduan KreatifMembuahBahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.