PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KINERJA GURU DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK PERTANIAN

Main Article Content

Benny Sumarno Denny Denmar Rd. M. Ali Deri Trania Sawitri Zuhri Saputra Hutabarat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Kinerja Guru dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa SMK Pertanian. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling menggunakan sampling jenuh dengan populasi sebanyak 418 dan teknik analisis data menggunakan korelasi dan Regresi dengan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas Layanan Pendidikan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Citra Sekolah berpengaruh positif dan cukup signifikan terhadap kepuasan siswa. Kualitas Layanan Pendidikan, Kinerja Guru dan Citra Sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Kontribusi kualiatas. Implikasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah perlu membuat kebijakan tentang upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan meliputi layanan sarana prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan dan karyawan, agar memenuhi kebutuhan proses pendidikan yang  nyaman dan berkualitas untuk meningkatkan kepuasan siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Sumarno, D. Denmar, R. M. Ali, D. T. Sawitri, and Z. Hutabarat, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KINERJA GURU DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK PERTANIAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 289-292, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Alifahmini, Hifni. (2005). Sinergi Komunikasi Pemasaran: Integrasi Iklan, Public Relations dan promosi. Jakarta: Mizan Pustaka.
Arwanda, N. O. D., Hartoyo, H., & Hartoyo, S. (2014). Kepuasan, Citra, dan Loyalitas pada Lembaga Pendidikan Tinggi: Kasus di Akademi XYZ. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(2), 123-132.
Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2015). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment (p. 632). New York: McGraw Hill Education.
Ekawarna, E., Denmar, D., & Wibawa, D. E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(2), 131-141.
Erika, B., Supriyanto, A., & Sunandar, A., (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2 (3), 169-178
Rasyid, Abdul. (2015). Effects of Ownershipn Structure, Capital Structure, Profitability and Company’s Growt Towards Firm Value, International Journal of Business and Management Invention, Vol. 4, pp.25-31
Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Kotler, P., & Fox, K. F. A. (1985). Strategic marketing for educatin institutions. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sopiatin. 2010. Managemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia. Bogor.
Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Smk Angkasa Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 1-18.
Sudarman, E. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran Dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Smkn 1 Karawang. Equilibrium Point: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1).
Triwijayanti, N., Sanoto, H., & Paseleng, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Budaya Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 74-80.