PENGARUH MEDIA LEMBAR BALIK POP-UP TERHADAP PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH SISWA SD NEGERI CEBONGAN

Main Article Content

Waryana Waryana Yonathan Kristian Yuan Putra Agus Wijanarka

Abstract

Rendahnya pengetahuan gizi tentang sayur dan buah pada siswa sekolah dasar masih menjadi penyebab utama masalah gizi pada anak. Salah satu bentuk edukasi gizi dalam meningkatkan pengetahuan tentang buah dan sayur adalah dengan melakukan edukasi sejak usia sekolah dasar. Edukasi dilakukan dengan menggunakan media lembar balik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up lembar balik terhadap peningkatan pengetahuan sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest and posttest with control group design. Subjek penelitian adalah 61 siswa kelas V sekolah dasar dengan rincian 33 siswa kelas V SD N Cebongan dan 28 siswa kelas V SD N Sendangadi 1. Kuesioner digunakan untuk menilai pengetahuan berdasarkan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pengetahuan tentang sayur dan buah pada kelompok pop-up flip sheet back adalah 90,61 sedangkan pada kelompok flip sheet back adalah 82,85. Terdapat perbedaan nilai posttest antara edukasi menggunakan media pop-up flip sheet dan flip sheet back dalam meningkatkan pengetahuan sayur dan buah siswa SD. Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan antara edukasi menggunakan media pop-up lembar balik dan media lembar balik dalam meningkatkan pengetahuan sayur dan buah pada siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Waryana, Y. K. Putra, and A. Wijanarka, “PENGARUH MEDIA LEMBAR BALIK POP-UP TERHADAP PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH SISWA SD NEGERI CEBONGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 306-310, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Adriani, M., & Wirjatmadi, B. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2012.
Agus, Riyanto dan Budiman. Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika. 2013.
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2004.
Arief S Sadiman,R. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:Pustekkom Diknas. 2009.
Arisman, MB. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC. 2009.
Astawan, M. Khasiat Warna-warni Makanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sistem Keamanan Pangan Terpadu, Jakarta. 2009.
Duludu, Ummyssalam A.T.A. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta:Deepublish.
Dzuanda. Design Pop-up Child Book Puppet Figure Series Gatotkaca. Jurnal Library ITS Undergraduated (online). digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduated-3100009035043/5380. Diakses pada 18 April 2019.
Effendi F dan Makhfudli. 2009.Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta: EGC.
Faricha, Lailatul. Health Education Mempengaruhi Pengetahuan Siswa SD Kelas IV-V Tentang Makanan Bergizi Seimbang. Vol 7(02). UNUSA. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2014.
Ferwanda. Efektivitas Buku Edukatif Berbasis Games Terhadap Perubahan Pengetahuan Serta Sikap Tentang Sayur Dan Buah. Open Access Under CC BY. 2017
Gunarsa, Singgih. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia. 2002.
Hamida, Khaeruna. Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajan. Vol8(01). Universitas Muhamadiyah Surakarta. KEMAS. 2012.
Hermina. Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjur Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. Vol 44(3): 205-218. Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat. Buletin Penelitian Kesehatan. 2016.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 15 Juli 2018
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2014.
Maulana, Heri DJ. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.
Mohammad, A. Konsumsi Buah dan Sayur Anak Usia Sekolah Dasar di Bogor. Vol 10(1): 71-76. IPB. Jurnal Gizi Pangan. 2015.
Mubarak, Wahit Iqbal. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Notoatmojo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoatmojo, S. 2003. Pengantar Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rahmawati, Nila. Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan. Universitas Negeri Surabaya. JPGSD.
Riskesdas. Riset Kesehatan dasar 2013. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2013.
Riyanti, Dwi. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Pop-up Pada Siswa Kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta.PGSD.
Rosyadi, MA. 2013. Penggunaan Media Papan Lembar Balik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Sederhana Di Sekolah Dasar. Vol 01(02):0-216. Universitas Negeri Surabaya. JPGSD.
Soekirman. Hidup Sehat, Gizi Seimbang Dalam Siklus Kehidupan Manusia. Jakarta: Primamedia Pustaka. 2006.
Suhardjo dkk. Pangan, Gizi, dan Pertanian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia(ui-press). 2009.
Suhardjo. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Petunjuk Laboratorium Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. PAU-IPB: Bogor. 2003.
Supariasa, I Dewa N. 2014. Pendidikan dan Komunikasi Gizi. Jakarta: EGC.
Susilowati. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditama. 2016.
Trianasari, Septi dan Herawati. Media Papan Petak PGS dan Poster pada Penyuluhan Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. Vol 20(2): 61-66. POltekkes Kemenkes Yogyakarta: Nutrisia. 2018.
Waryana. 2016. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.
Winarto. Memanfaatkan Tanaman Sayur untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Tangerang: PT. Agromedia Pustaka. 2004.
Wong D., Eaton, Wilson D, Winkelstein M., Schwartz P. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6 Volume 2. Jakarta: ECG; 2009.