KONSTRUKSI DESAIN MEJA JEPARA DENGAN KONSEP BENDA GEOMETRI BIDANG DAN KURVA BEZIER PADA MAPLE

Main Article Content

Jesi Irwanto Anisatul Fauziah

Abstract

Penelitian ini ditujuhkan untuk mengkonstruksi desain meja sederhana  jepara dengan bentuk dasar persegi melaluhi konsep geometri bidang dan kurva bezier kuadratik dengan bantuan maple yang mengutamakan kesimetrisan bidang dan terkomposisi gabungan vertek (titik), edge( sisi) dan kurva Bezier kuadratik. Pemilihan bentuk konsep geometri bidang dan kurva Bezier kuadratik tersebut ditujuhkan supaya bentuk meja yang dihasilkan menarik sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research). Pada penelitian  ini, proses kontruksi meja model jepara  dilakukan dengan mengabungkan titik, garis dan bidang dan kurba bezier kuadratik dengan geometri bidang, terutama bentuk persegi. Prosedur konstruksi meja sederhana model jepara yaitu pertama: mengkontruksi titik dan garis pada bidang kartesius. Kedua mengkontruksi alas persegi dan mengkonstruksi ketinggian kerangka model meja jepara sederhana menjadi dua tingkat dan tiga tingkat. Ketiga untuk data awal persegi akan digabungkan dengan kurva Bezier kuadratik. ke empat menginterpolasikan kurva Bezier kuadratik. kelima menyusun hasil analisis menggunakan software maple 13 sehingga dihasilkan variasi model meja jepara sederhana berkarakteristik persegi dan persegi cekungan.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Irwanto and A. Fauziah, “KONSTRUKSI DESAIN MEJA JEPARA DENGAN KONSEP BENDA GEOMETRI BIDANG DAN KURVA BEZIER PADA MAPLE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 323-326, May 2024.
Section
Artikel

References

Andika, D. A. (2019). Inovasi Desain Furnitur Murah Untuk Pasar Mahasiswa Dengan Konsep Flatpack. Intenas Respository.
Davidson, R. M. (2000). Funiture. London: London : M. Beazley.
Juhari, E. O. (2015). Penerapan Kurva Bezier Karakter Simetrik Dan Putar Pada Model Kap Lampu Duduk Menggunakan Maple. Juhari, E. O. (2015, April). Penerapan Kurva Bezier Karakter Simetrik Dan Putar Pjurnal Matematika Murni Dan Aplikasi X Cauchy, 75-80.
Juniar, V. A. (2023). Konstruksi Lampu Gantung Menggunakan Tabung, Bola, Torus, Kerucut Dengan Konsep Deformasi, Transformasi Dan Kurva Bezier. Juniar, V. A. (2023, July). Konstruksi Lampu Gantung Menggunakan Tabung, Bola, Torus, Kerucut Dengan Konse Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika (Jmp), 45-51.
Juniar, V. A. (2023, July). Konstruksi Lampu Gantung Menggunakan Tabung, Bola, Torus, Kerucut Dengan Konsep Deformasi, Transformasi Dan Kurva Bezier. Jurnalilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika (Jmp), 15(1).
Kilicman, A. H. (2010). Teaching And Learning Using Mathematics Software. Kilicman, A., Hassan, Munther A., Dan Husain, S. K. Said., (2010). Teaching And Learning Using Mathematics Software: Th International Conference On Mathematics Education Research, (. 613-619).
Salleh, S. A. ((2013)). Enhancing Students’ Understanding In Integral Calculus Through The Integration Of Maple In Learning. Procedia-Social And Behavioral Sciences 102, (. 204 –211).