ANALISIS EKOPEDAGOGI DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA
Main Article Content
Abstract
Permasalahan ekologis terjadi baik secara alami maupun dampak dari perbuatan manusia. Ekopedagogi melalui pendidikan agama Islam dapat menjadi salah satu solusi pendidikan kritis yang memuat prinsip lokal hingga planet, pengembangan dan sustainabilitas, dan penghidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan ekopedagogi yang terdapat dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti tingkat SMA, relevansinya dengan urgensi ekopedagogi, serta peluang dan tantangan implementasinya. Metode yang digunakan adalah riset kepustakaan dengan objek penelitian buku teks PAI dan Budi Pekerti tingkat SMA kelas X, XI, dan XII. Hasil penelitian menunjukkan terdapat materi yang berkaitan dengan ekopedagogi dan sebagian besar relevan dengan urgensi ekopedagogi. Peluang implementasinya adalah potensi optimalisasi elemen capaian pembelajaran PAI, SDGs, penghargaan lingkungan hidup dari pemerintah, dan banyaknya sekolah alam di Indonesia. Tantangannya adalah lemahnya kebijakan pendidikan lingkungan hidup, sulitnya menyelenggarakan pembelajaran konstruktif dan beresensi ekologi, serta sedikitnya alokasi jam pembelajaran PAI dalam kurikulum nasional.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah. 2004. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Abdurrahman, Jalaluddin. 1983. Al-Masalih Wa Maknatuha Fi al-Tasyri’. Mesir: Matba’ah as-Sa’adah.
Administrator Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang. 2017. “Mengenal Penghargaan Adipura.” Situs Internet Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang. Retrieved April 25, 2024 (https://dlh.magelangkota.go.id/mengenal-penghargaan-adipura-39.html).
Al-Ghazali. 1971. Al-Mustasfa. Mesir: Maktabah Al-Jumdiyah.
al-Hanafi, Ismail Haqqi. n.d. Ruhul Bayan. Juz 6. Beirut: Dar Al-Fikr.
Amirullah. 2016. “Pentingnya Sejarah Dalam Pembinaan Karakter Bangsa Dan Pembangunan Nasional.” Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global 141–48.
Asroni, Ahmad. 2020. “Pendidikan Agama Islam Berperspektif Ekologi.” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 18(2):433–53.
Atabik, Ahmad, and Khoridatul Mudhiiah. 2014. “Pernikahan Dan Hikmahnya Perspektif Hukum Islam.” Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam 5(2):287–316.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2013a. Tafsir Al-Munir: Akidah, Syariah, & Manhaj Jilid 2. Vol. 2. Jakarta: Gema Insani.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2013b. Tafsir Al-Munir: Akidah, Syariah, & Manhaj Jilid 3. Vol. 3. Jakarta: Gema Insani.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2016. Risiko Bencana Indonesia. Jakarta.
Baharuddin. 2008. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Berg, Christopher W. 2019. “Why Study History? An Examination of Undergraduate Students’ Notions and Perceptions about History.” Historical Encounters 6(1):54–71.
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: Divapress.
Cameron, Laura, and Sinead Earley. 2015. “The Ecosystem—Movements, Connections, Tensions and Translations.” Geoforum 65:473–81. doi: 10.1016/j.geoforum.2015.03.015.
Center For Constitutional Rights. 2023. “Israel’s Unfolding Crime of Genocide of the Palestinian People & U.S. Failure to Prevent and Complicity in Genocide.” Center For Constitutional Rights. Retrieved May 18, 2024 (https://ccrjustice.org/israel-s-unfolding-crime-genocide-palestinian-people-us-failure-prevent-and-complicity-genocide).
Chan, Lorna K. S., and Phillip J. Moore. 2006. “Development of Attributional Beliefs and Strategic Knowledge in Years 5–9: A Longitudinal Analysis.” Educational Psychology 26(2):161–85. doi: 10.1080/01443410500344209.
Foltz, Richard. 2003. Islam and Ecology: A Bestowed Trust. Cambridge: Harvard University.
Freire, P. 1998. Pedagogy of Freedom: Ethics, Democracy, and Civic Courage. Lanham, MD: Rowman & Littlefield.
Helion & Company. n.d. “21st Century.” Helion & Company. Retrieved May 13, 2024 (https://www.helion.co.uk/periods/21st-century.php?sid=cc21a46aedbbdf337906595f91381b28).
Kepala Biro Humas KLHK. 2023. Sekolah Adiwiyata Perkuat Ketahanan Iklim Masyarakat Melalui Pendidikan Lingkungan. Dubai.
Lestari, O. D. 2018. “Hubungan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Sekolah X.” Jurnal Prikologi Industri Dan Organisasi 5(1).
Marli, Suhardi. n.d. Sejarah Dan Pendidikan Sejarah. Pontianak.
Maulana, Heri. 2016. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam.” Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya 7(1).
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2017. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. P.30/MENLHK/SETJEN/KUM.1/4/2017. Indonesia.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2019a. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah. Indonesia.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2019b. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Tentang Adipura. Indonesia.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2024. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. 263 Tahun 2024 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peneriama Penghargaan Adipura Tahun 2023. Indonesia.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi RI No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Indonesia.
Miftakhuddin. 2019. Kolonialisme: Eksploitasi Dan Pembangunan Menuju Hegemoni. edited by R. Awahita. Sukabumi: CV Jejak.
Misiaszek, Greg William. 2021. Ecopedagogy: Critical Environmental Teaching for Planetary Justice and Global Sustainable Development. London: Bloomsbury Publishing Plc.
Nerita, Siska, Azwar Ananda, and Mukhaiyar Mukhaiyar. 2023. “Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Education and Development 11(2):292–97. doi: 10.37081/ed.v11i2.4634.
Nilsson, Måns, Dave Griggs, and Martin Visbeck. 2016. “Policy: Map the Interactions between Sustainable Development Goals.” Nature 534(7607):320–22. doi: 10.1038/534320a.
Nurcholis Madjid. 1995. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi Dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina.
Osanai, Shiori, and Jeongsoo Yu. 2023. “Comparative Study on National Policies and Educational Approaches toward Regional Revitalization in Japan and South Korea: Aiming to Achieve the Sustainable Development Goals.” Societies 13(9):210. doi: 10.3390/soc13090210.
Pandu, Pradipta. 2023. “Sepuluh Individu Dan Kelompok Pejuang Lingkungan Dianugerahi Kalpataru.” Kompas. Retrieved April 25, 2024 (https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/06/05/sepuluh-individu-dan-kelompok-pejuang-lingkungan-dianugerahi-kalpataru).
Postma, Dirk Willem. 2006. Why Care for Nature?: In Search of an Ethical Framework for Environmental Responsibility and Education. Vol. 9. Dordrecht, Netherlands: Springer.
Putri, Selly Febriana. 2020. “Hubungan Pembangunan Ekonomi Terhadap Kualitas Lingkungan Hidup Di Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 2(2):58–59. doi: 10.14710/jdep.2.2.58-70.
Rachman, M. Fauzi. 2012. Islamic Relationship. Jakarta: Erlangga.
Rhemtulla, Jeanine M., and David J. Mladenoff. 2007. “Why History Matters in Landscape Ecology.” Landscape Ecology 22(S1):1–3. doi: 10.1007/s10980-007-9163-x.
Rohinah. 2014. “Sekolah Alam: Paradigma Baru Pendidikan Islam Humanis.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8(2):281–94.
Sachs, J. D., G. Lafortune, G. Fuller, and E. Drumm. 2023. Sustainable Development Report 2023. Dublin.
Sadi. 2022a. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sadi. 2022b. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Scott, William, and Paul Vare. 2020. Learning, Environment and Sustainable Development. Routledge.
Serrat, Olivier. 2017. “Learning Histories.” Pp. 955–60 in Knowledge Solutions. Singapore: Springer Singapore.
Shiva, V. 1992. “Recovering The Real Meaning of Sustainability.” in The Environment in Question: Ethics and Global Issues, edited by D. E. Cooper and J. Palmer. London: Routledge.
Solahudin. 2014. “Rasulullah Adalah Nabi Yang Kaya (Tafsir Tematik Surat al-Duha[93]: 8).” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1(1).
Solichin, M. Muchlis. 2017. “Pendidikan Agama Islam Berwawasan Spiritualitas Ekologi.” Jurnal At-Tahrir 7(2):482–85.
Statista Research Department. 2023. “Natural Disasters in Indonesia-Statistics & Facts.” Retrieved January 14, 2024 (https://www.statista.com/topics/8305/natural-disasters-in-indonesia/#topicOverview).
Timm, Roger E. 2003. Dampak Ekologis Teologi Penciptaan Menurut Islam. terj. P.H. Hadi. Yogyakarta: Kanisius.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan, Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. edited by Sunarni. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tridiatno, Yoachim Agus, and Chatarina Suryanti. 2021. “Cinta Tanah Air Di Era Global.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 6(2):371–82. doi: 10.17977/um019v6i2p371-382.
Trisnamurti, Roy Heru. 1999. “Peran Ilmu Pengetahuan Dalam Memperkuat Upaya Pengendalian Pencemaran Lingkungan Yang Efektif.” JKTI (Jurnal Komputer Dan Teknologi Informasi) 9(1–2).
United Nations. 2015. “Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development.” in United Nations General Assembly.
Uribe-Enciso, Olga Lucía, Diana Sofía Uribe-Enciso, and María Del Pilar Vargas-Daza. 2017. “Pensamiento Crítico y Su Importancia En La Educación: Algunas Reflexiones.” Rastros Rostros 19(34):78–88. doi: 10.16925/ra.v19i34.2144.
Waworuntu, Iskandar. 2024. “Save Our Planet: Quranic Food & Agriculture.”
World Economic Forum. 2024. The Global Risk Report 2024. Geneva.