POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DI KABUPATEN KOTABARU

Main Article Content

Asrid Juniar Muhamad Rusmin Nuryadin Rini Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan perkembangan ekonomi kreatif pendukung pariwisata serta mengembangkan desain dan model strategi pengembangan ekonomi kreatif pendukung pariwisata di Kabupaten Kotabaru. Jenis penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah metode campuran, yaitu suatu upaya terencana, sistematis, terstruktur dan terukur dengan memanfaatkan dua metode penelitian secara bersamaan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian adalah sektor ekonomi kreatif di kawasan wisata Kabupaten Kotabaru sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kotabaru Nomor 8 Tahun 2018. Fokus kajian pada sektor ekonomi kreatif gabungan dari Kawasan Pengembangan Pariwisata Kabupaten (KPPK) dan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) di Kabupaten Kotabaru. Dari tujuh belas subsektor yang termasuk dalam ekonomi kreatif, terdapat delapan subsektor yang mampu menunjang pariwisata di Kabupaten Kotabaru, yaitu kuliner, musik, fesyen, arsitektur, kerajinan, seni pertunjukan, media periklanan dan aplikasi. Subsektor ekonomi kreatif unggulan antara lain kuliner, musik, fesyen, dan arsitektur, sedangkan subsektor ekonomi kreatif kerajinan, seni pertunjukan, media periklanan, dan aplikasi merupakan subsektor potensial. Meskipun subsektor ekonomi kreatif dapat memberikan tambahan pendapatan bagi yang terlibat, namun masih belum bisa maksimal mendukung pariwisata di Kabupaten Kotabaru karena permasalahan yang paling sering muncul adalah permasalahan sumber daya manusia, permasalahan pembiayaan dan permasalahan kelembagaan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Juniar, M. Nuryadin, and R. Rahmawati, “POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DI KABUPATEN KOTABARU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 367-372, May 2024.
Section
Artikel

References

Afifah, U. N., Suwandana, E., & Lestariningsih, E. (2023). The Formulation of tourism industry and creative economy competitiveness index of provinces in Indonesia. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.31940/ijaste.v7i1.16-26
Ardhala, A. D., Santoso, E. B., & Sulistyarso, H. (2016). Influence Factors on the Development of Creative Industry as Tourism Destination (Case Study: Footwear Village in Mojokerto City). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 671–679. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.06.131
Batilmurik, R. W., & Lao, H. A. (2016). Pengembangan Model Ekonomi Kreatif Bagi Masyarakat Di Daerah Objek Wisata Bahari Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Manajemen, 1(3), 14. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.37
Bilan, Y., Vasilyeva, T., Kryklii, O., & Shilimbetova, G. (2019). The creative industry as a factor in the development of the economy: Dissemination of european experience in the countries with economies in transition. Creativity Studies, 12(1), 75–101. https://doi.org/10.3846/cs.2019.7453
Dewi, R. S., & Rino, A. (2018). Animation as a creative industry: A strategy to build creativity and independence of youth in Padang, west Sumatra. Emerald Reach Proceedings Series, 1, 135–141. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00040
Kamiluddin, & Hasan, Z. (2023). Creative Economy Development Challenges for Halal Tourism: A Study in Madura, Indonesia. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi &Perbankan …, 10(1). https://doi.org/10.1905/iqtishadia.v6i1.7255
Lita, R. P., Faisal, R. F., & Meuthia, M. (2020). Enhancing small and medium enterprises performance through innovation in Indonesia: A framework for creative industries supporting tourism. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 11(1), 155–176. https://doi.org/10.1108/JHTT-11-2017-0124
Melanie, & Ginting, N. (2022). Study of Architecture Aspect of Creative Economy in Sustainable Tourism at Simanindo. International Journal of Architecture and Urbanism, 6(2), 167–177. https://doi.org/10.32734/ijau.v6i2.9688
Nugraha, Y. E., Flora, V. A. S. M., Plaituka, C. W., & Mantolas, C. M. (2022). Tourism Business and Creative Economy: The Post Pandemic Recovery Efforts Through Online Platform Case Study in Kupang City. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science 2022 (ICAST-SS 2022), 200–205. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-83-1_36
Nusraningrum, D., & Pratama, A. (2019). The tourism development through creative economy. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(6 Special Issue 3), 300–308. https://doi.org/10.35940/ijeat.F1049.0986S319
Polnaya, G. A., & Darwanto. (2015). Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 22(1), 1–10.
Putra, R. R., & Sujawoto, F. A. (2023). Tourism and Creative Economy Entrepreneurs’ Resilience in The Covid-19 Pandemic in West Java. TRJ Tourism Research Journal, 7(1), 133. https://doi.org/10.30647/trj.v7i1.190
Rahmawati, R., Juniar, A., & Adi, S. (2022). Competence-based sustainable competitive advantage Dalam Perspektif Studi Empirik. Seminar Nasional Dan Call for Paper FMI 2022 Bali.
Richards, G. (2018). Tourism, an Underestimated Driving Force for the Creative Economy. Revista Turismo Em Análise - RTA, 29(3). http://dx.doi.org/10.11606/issn.1984-4867.v29i3p387-395
Riswan, Hartiningsih, Fitriyanti, S., Maulana, A. Z., Putryanda, Y., Puspitasari, T. F., & Pradana, H. A. (2018). Problematika Pengembangan Ekonomi Kreatif Dalam Menunjang Problematics Of Creative Economic Development In Supporting. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 13(2), 129–139. https://jkpjournal.kalselprov.go.id/index.php/menu/article/view/75
Saksono, H., Hidayat, B. A., Yuliana, E., Wicaksono, B., Afriyanni, Wulandari, S. N., Momon, M., Matara, K., & Amri, N. H. (2022). The Impact of Tourism and The Creative Industry on The Economy of The Community. Proceedings of the International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021), 201(Icosiams 2021), 22–25. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211225.004
Utami, R. M., & Lantu, D. C. (2014). Development Competitiveness Model for Small-Medium Enterprises among the Creative Industry in Bandung. The 5th Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES 2013), 115(Iicies 2013), 305–323. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.438
Utomo, R. B., & Dewi, M. H. U. (2021). The Role of Government and Private Sector in Developing Ecotourism. Jurnal Riset Akutansi Mercu Buana, 7(1), 58–71. https://ezproxy.myucwest.ca/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edsdoj&AN=edsdoj.f170d5c1c24d3ab1b397ba15313634&site=eds-live&scope=site
Wahyudi, E., Juniar, A., & Rahmawati, R. (2023). Small Business Innovation Management For Export Products And Innovation Facilitation Support For The Government Of Banyuwangi Regency. International Journal of Education, Business and Economics Research (IJEBER) ISSN:, 3(1), 18–27.