MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN WEBSITE MINDMEISTER

Main Article Content

Stephanie Laura Tama Natalisca Hamdani Hamdani Ray Cinthya Habellia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi listrik statis di SMP Negeri 2 Tayan Hulu melalui implementasi model Guided Discovery berbantuan website MindMeister. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Bentuk penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design, yang melibatkan 25 orang peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Tayan Hulu. Soal essai sebanyak 6 butir soal yang mewakili ketiga indikator pemahaman konsep (translasi, interpretasi dan ekstrapolasi) merupakan instrumen dalam penelitian ini.  Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep peserta didik pada materi listrik statis meningkat. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t sampel pairing dengan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,00 (<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik sesudah penerapan model Guided Discovery berbantuan website MindMeister.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Natalisca, H. Hamdani, and R. Habellia, “MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN WEBSITE MINDMEISTER”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 7-13, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arafah, Kaharuddin. (2020). The Effect of Guided Method and Learning Interest on Students’Understanding of Physics Concepts. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2), 145-154, https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3259
Hidayat, Ryan., Hakim, L., & Lia, Linda. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7(2), 97-104, http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900
Hidayati, N., Aurora, Z. F., Supriatno, B., & Riandi. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi; Metode Penugasan Mind Map Menggunakan MindMeister pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 125-130.
Jacobsen, D. A. 2009. Methods for Teaching; a skills approach. Colombus: Charles E. Merrill.
Jafar, A. 2022. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V Melalui Metode Demonstrasi Pada Mis Mareku. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (pp. 872-881). Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matemattika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Mauliyana, Siti. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2249
Mitra, S. N., Qomariyah, S., & Rahmawati, S. (2023). Peran Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Berpikir Sistematis Pada Siswa di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 84-103.
Nelfiyanti., Sunardi, Didi. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Pelajaran Al-Islam II di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Spektrum Industri, 15(1), 1-110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/si.v15i1.6185
Nafiyanto, NR, & Pebriana, IN (2023). … e-modul dinamika partikel model guided discovery learning berbasis stem untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan …, journal.uny.ac.id, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/65943
Nomba, Sriwati, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik (Suatu Eksperimen Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Kabila). JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Volume 02, Nomor 2. Hal : 303-307.
Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Susiana., Mahardika, I, K., & Bachtiar, R, W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI VERBAL, DAN GAMBAR (VG) SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 16-23, mar. 2017. ISSN 2721-1959.
Swardana, D. (2013). Penerapan Mind Map dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Elex Media Komputindo
Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The development of learning devices based guided discovery model to improve understanding concept and critical thinking mathematically ability of students at islamic junior high school of medan. Journal of education and practice, 6(24), 116-128. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1078880.p