STRATEGI KAMPANYE DIGITAL FACEBOOK: GERAKAN MEMUNGUT SEHELAI SAMPAH SUNGAI KARANG MUMUS SAMARINDA

Main Article Content

Andri Pratama

Abstract

Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM) adalah gerakan konservasi yang fokus pada modifikasi perilaku masyarakat. Tujuan Penelitian ini ialah untuk menganalisis strategi kampanye digital yang diterapkan dengan menggunakan Facebook sebagai media kampanye digital. Metode penelitian ini ialah studi kasus dan pemilihan responden dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria narasumber kunci (Key Informan) sebanyak 1 orang dan narasumber pendukung (Informan) sebanyak 1 orang yang diperoleh dari pengurus GMSS-SKM. Pertimbangan pemilihan Facebook sebagai kampanye digital didasarkan pada aspek kemudahan penggunaan (Usability) dan kualitas informasi (Information Quality) yang selanjutnya menghasilkan strategi. Berdasarkan aspek kemudahan (Usability), Facebook dapat dengan mudah dioperasikan, interaksi antar pengguna, navigasi, dan tampilan yang atraktif. Berdasarkan aspek kualitas informasi (Information Quality), GMSS-SKM memilih untuk menggunakan media sosial Facebook sebagai alat kampanye digital karena dapat menyediakan informasi yang jelas, andal, Up to Date, relevan, mudah dipahami, dan detail. Pola strategi kampanye digital yang dilakukan oleh GMSS-SKM adalah dengan menggunakan beberapa tahap proses produksi informasi yang dilakukan oleh pengurus GMSS-SKM sebelum menyebarkan informasi melalui media sosial Facebook seperti menentukan topik-topik yang dibahas dan akan diterbitkan di halaman Fanpage GMSS-SKM di Facebook.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Pratama, “STRATEGI KAMPANYE DIGITAL FACEBOOK: GERAKAN MEMUNGUT SEHELAI SAMPAH SUNGAI KARANG MUMUS SAMARINDA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 127-131, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Penerbit Kanasius: Yogyakarta.
Miles, M. B, Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Source Book or New Methods. Sage Publication. Beverly Hill.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Salemba Medika: Jakarta.
Nazir. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Hidayat, F. P. (2021). Penggunaan Facebook Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus Pada Dapur Luthfiah). Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 45-50.
Levin, James; James F. Nolan. 2014. PrinciPles of Classroom Management a Professional Decision-Making MoDel.