MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAPAI MELALUI MODEL CTL DI SDN CIREUNDEU 01

Main Article Content

Ghina Rahmi Abuddin Abuddin Siti Khadijah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN Cireundeu 01. Model CTL dipilih karena mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan minat belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Cireundeu 01. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI. Pada siklus pertama, keterlibatan siswa mulai meningkat, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan. Pada siklus kedua, setelah dilakukan perbaikan dan penyesuaian, keterlibatan siswa meningkat lebih signifikan, yang ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi dalam diskusi, karya produk pembelajaran, serta pemahaman materi yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model CTL efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI di SDN Cireundeu 01. Disarankan bagi para guru untuk menerapkan model CTL dalam pembelajaran PAI dan mata pelajaran lainnya untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
G. Rahmi, A. Abuddin, and S. Khadijah, “MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAPAI MELALUI MODEL CTL DI SDN CIREUNDEU 01”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 445-450, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Ade Lestari, “ Penerapan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya untuk Meningkatkan kualitas Lulusan Siswa SD N Tanjungbalai)”, Edu Religia, vol 1, No. 3, Juli 2017.
Donni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. 2017.
Hasnidar, Elihami. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
M. Idrus Hasibuan, “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning)” Logaritma vol.11, No.01, 2014.
Muhamad Iwan Abdi, “Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PAI”, Dinamika Ilmu, vol 11, No. 1. 2011.
Najib Sulhan, Pembangunan Karakter Pada Anak;Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Intelektual Club, 2006.
Nurdiansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. Depok. Rajawali Press. 2010.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. Depok: Rajawali Press. 2010.
Suyono, Belajar dan Pembelajaran, Bandung. Remaja Rosdakarya. 2011.
Wahyu Susiloningsih, “Model Pembelajarang CTL (Contextual Teacing And Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Dalam Mata Kuliah IPS Dasar”, Jurnal Pedagogi, Vol. 5, No. 1, 2016.