EVALUASI PROGRAM DIGITAL SMART CLASSROOM: PENDEKATAN CIPP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Main Article Content
Abstract
Evaluasi program dalam lembaga pendidikan menjadi suatu keharusan yang tidak dapat diabaikan mengingat peran pentingnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Evaluasi program memungkinkan lembaga pendidikan untuk menilai sejauh mana program-program tersebut telah berhasil mencapai tujuan mereka, mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan, dan menyesuaikan strategi pembelajaran dengan kebutuhan siswa dan tuntutan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keberhasilan dan tantangan program Digital Smart Classroom (DSC) menggunakan metode Context, Input, Process, Product (CIPP). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan evaluasi CIPP dengan melakukan Evaluasi konteks program, evaluasi aspek input seperti sumber daya manusia dan materi, Evaluasi proses pelaksanaan program, dan evaluasi produk dalam hal pencapaian tujuan program. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi, dan dianalisis dengan pendektan Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program DSC di SMA Islam Al Azhar 22 Cikarang berhasil meningkatkan keterlibatan guru dan partisipasi siswa, serta memperbaiki nilai akademik mereka. Kendati demikian, terdapat kendala teknis seperti keterbatasan stok alat belajar dan stabilitas jaringan wifi. Implikasinya, disarankan untuk melanjutkan program DSC dengan menguatkan keunggulan yang telah ada, sambil terus meningkatkan kualitas dan efisiensi program sebagai langkah yang tepat dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital ini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Angellia, F., & Firmansyah, B. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI UMKM BERBASIS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN MENTAL TECHNOPRENEUR. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1). https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1466
Ardiansyah, A., & Yulianti. (2022). Literasi Digital pada Generasi Digital Natives. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.810
Ashwin, M., Saravana Kumar, E., Naidu, R. C. A., & Ramamoorthy, R. (2023). IoT based Innovative Teaching Learning using Smart Class Rooms. 2nd International Conference on Sustainable Computing and Data Communication Systems, ICSCDS 2023 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/ICSCDS56580.2023.10104589
Asmarayani, E., Rusmono, & Rahmayanti, H. (2020). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( Pkl ) Program Keahlian Teknik Furnitur Pada SMK Negeri Di DKI. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 3(2).
Bakar, A. Y. A. (2016). “Digital Classroom”: An Innovative Teaching and Learning Technique for Gifted Learners Using ICT. Creative Education, 07(01). https://doi.org/10.4236/ce.2016.71006
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK GENERASI ALFA DI ERA INDUSTRI 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
Farwati, S., & Arifin, Z. (2023). Manajemen Sekolah Digital Melalui Program Smart Classroom (SCR). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 505–515. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.374
Fiqri, M. N., Hanafi, I., & Sugiyanta, L. (2022). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK DKI JAKARTA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.6021
Fullan, M., & Langworthy, M. (2011). A rich seam how new pedagogies find deep learning. In Journal of Bodywork and Movement Therapies (Vol. 15, Issue January).
Guo, G. (2023). Building Smart Classrooms to Foster Efficient Research Modes: A Case Study of Zhongliang Xiangyun Branch of Chengdu Longjiang Road Primary School. Science Insights Education Frontiers, 15(S1). https://doi.org/10.15354/sief.23.s1.ab015
Lukmantya, S. A. (2023). Tantangan dan Inovasi dalam Manajemen Kurikulum Abad ke-21. Proceedings Series of Educational Studies.
Molin, L., & Lantz-Andersson, A. (2016). Significant structuring resources in the reading practices of a digital classroom. Journal of Information Technology Education: Research, 15(2016). https://doi.org/10.28945/3513
Murad, R., Hussin, S., Yusof, R., Miserom, S. F., & Yaacob, M. H. (2019). A Conceptual Foundation for Smart Education Driven by Gen Z. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(5).
Pardo-Baldoví, M. I., San Martín-Alonso, Á., & Peirats-Chacón, J. (2023). The Smart Classroom: Learning Challenges in the Digital Ecosystem. Education Sciences, 13(7). https://doi.org/10.3390/educsci13070662
Rosa, N. M., Suryadi, A., & Adawiyah, R. (2022). PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7536
Roslinda, Supyan, Rizal, Faizah, S., & Md Hanafizah. (2019). A Conceptual Foundation for Smart Education Driven by Gen Z. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(5).
Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers and Education, 94. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008
Tondeur, J., van Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2017). Erratum to: Understanding the relationship between teachers’ pedagogical beliefs and technology use in education: a systematic review of qualitative evidence (Educational Technology Research and Development, (2017), 65, 3, (555-575), 10.1007/s11423-016-9481-2). In Educational Technology Research and Development (Vol. 65, Issue 3). https://doi.org/10.1007/s11423-016-9492-z
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., & Handokp. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis. In Pena Persada Redaksi (Issue July).
Yuningsih, S. (2020). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Gorontalo. Gorontalo Management Research, 3(1). https://doi.org/10.32662/gomares.v3i1.1008
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550