PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN INTENSI PERILAKU DELINKUEN

Main Article Content

Yuli Fitria Elita Endah Mawarni

Abstract

Permasalahan dilingkungan pendidikan yang masif terjadi salah satunya adalah perilaku delinkuen siswa yang cenderung melanggar aturan yang diberlakukan. Rendahnya kompetensi guru dalam mendidik dan penilaian yang buruk terhadap iklim sekolah diduga menjadi pemicu munculnya perilaku delinkuen siswa sehingga perlu dilakukan pengujian. Penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan persepsi siswa terhadap kompetensi guru dan iklim sekolah dengan intensitas munculnya perilaku delinkuen. Partisipan penelitian ialah siswa SMK dengan jurusan tehnik berjumlah 286 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur ketiga variabel diantaranya Perception of Competency in Teaching Quality Scale, Perception School Climate Scale dan School Delinquency Scale. Metode analisis statistik menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan pada variabel persepsi terhadap kompetensi guru dan iklim sekolah. Kedua variabel bebas terbukti secara simultan memiliki pengaruh terhadap munculnya intensitas perilaku delinkuen. Nilai koefisien negatif menunjukkan arah yang berbalik, dapat diartikan semakin positif persepsi terhadap kompetensi guru dan iklim sekolah maka semakin rendah intensitas perilaku delinkuen terjadi demikian pula sebaliknya. Dapat disimpulkan membentuk persepsi siswa yang positif terhadap kompetensi guru dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif dapat digunakan sebagai strategi upaya mereduksi perilaku delinkuen.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Fitria and E. Mawarni, “PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN INTENSI PERILAKU DELINKUEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 173-177, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Ali, M. (2020). Buku Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.
Anggraeni, R., Ekawarna, E., & Kamid, K. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan,1(6).https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.283
Budoyo, I. I., & Suryanto. (2019). Strategy Mengatasi Perilaku Delinkuensi Pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Psikologi Sosial di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang & Tantangan.
Çayak, S. (2021). Parents’ Perceptions of School Climate as a Predictor of Parents’ Participation in Their Children’s Education. Acta Educationis Generalis, 11(1). https://doi.org/10.2478/atd-2021-0002
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahanya. Journal Istighna,1(1).https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Dincer, B. (2021). Investigating the School Climate Perceptions and School Motivations of Middle School Students. International Journal of Educational Methodology, 7(2). https://doi.org/10.12973/ijem.7.2.361
Empati, J., Hanitis, P. M., & Setyawan, I. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Intensi Bullying Pada Siswa Sd Islam X. Empati, 4(1).
Fitria, Y. (2019). Perilaku menyontek: Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1).https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7833
Hartati, S. (2018). Pendekatan Kognitif Untuk Menurunkan Kecendrungan Perilaku Delinkuen Pada Remaja. Menara Ilmu, 12(79).
Jayanti, N. E., & Silaen, S. M. J. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dan Kecerdasan Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Siswa Smk Adi Luhur 2 Jakarta Timur. Ikraith-Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(2), 46–51. https://journals.upiyai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/437
Kaltsum, U. (2015). Pengaruh implementasi bimbingan dan konseling terhadap perilaku delinkuen pada peserta didik. Auladuna, 2(1).
Kirman, N. S., Hassan, M. M., Anwar, F. H., Mohd Khir, A., & Wan Jaafar, W. M. (2021). Faktor Sosialisasi dalam Mempengaruhi Tingkah Laku Individu. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(1). https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i1.640
Kusumawardani, U. (2013). Hubungan Komunikasi Ibu dan Anak dengan Perilaku Delinkuen Remaja. Developmental and Clinical Psychology, 1(1).
Nurdiansyah, M. A., Wulandari, S. Z., & Purnomo, R. (2021). Pengaruh Student Engagement dan Kemampuan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Dimoderasi Persepsi Kompetensi Guru. Soedirman Economics Education Journal,3(1).https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.3942
Pechorro, P., Houghton, S., Simões, M. R., & Carroll, A. (2019). The Adapted Self-Report Delinquency Scale for Adolescents: Validity and Reliability Among Portuguese Youths. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology,63(6).https://doi.org/10.1177/0306624X18811595
Permatasari, B. L. A., & Fardana, N. A. (2017). Pengaruh Orientasi Tujuan Dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1).https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i12017.77-83
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja dan Penangananya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1727
Sari, N. (2021). Relasi antara Orang tua dan Anak Ditinjau dari Sudut Pandang Remaja dengan Perilaku Delinkuen. Acta Psychologia, 1(2). https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43140
Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2019). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2).https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15190
Tamu, F. H. U. (2021). Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3). https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.323
Tasci, G., & Atar, B. (2016). Developing a Scale for Perceptions of Competency in Teaching Quality. Universal Journal of Educational Research, 4(4). https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040425
White, N., La Salle, T., Ashby, J. S., & Meyers, J. (2014). A brief measure of adolescent perceptions of school climate. School Psychology Quarterly, 29(3). https://doi.org/10.1037/spq0000075
Wikurnia, W., Sumaryoto, S., & Hasbullah, H. (2021). Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8923
Yüksel-Şahin, F. (2013). Predicting Delinquency Levels in Turkish Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.942