PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN

Main Article Content

Komang Hari Santhi Dewi Rifky Lana Rahardian I Wayan Junko Arysutha Winata I Kadek Anugrah Dewa Mahaputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul pada matakuliah statistik menggunakan model Flipped Classroom pada materi uji validitas dan reliabilitas instrumen. Penelitian ini adalah penelitian research and development. E-Modul dikembangkan dengan Aplikasi Flip Professional menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan lima tahapan yaitu: 1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan. 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) Uji coba lapangan, dan 5) Analisis hasil ujicoba dan revisi produk serta distribusi produk. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, rubrik penilaian,  dan angket. Uji kelayakan e-modul dilakukan dengan melibatkan ahli materi, ahli media, dan responden mahasiswa. Hasil uji kelayakan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 85% dengan kategori sangat layak, pengujian dari ahli materi juga menunjukkan kategori sangat layak dengan rata-rata 89%, sehingga rata-rata uji kelayakan media dari kedua ahli yaitu ahli media dan ahli materi adalah  87% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis respon pengguna e-modul yang dilakukan kepada mahasiswa menggunakan kuesioner menunjukkan respon sangat positif sebesar 35,38%, respon positif sebesar 56,92 % dan mahasiswa yang memberikan respon cukup sebesar 7,69%.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Dewi, R. Rahardian, I. W. J. Winata, and I. K. A. Mahaputra, “PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 166-172, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Ahmad Indra Harahap. (2020). Cara Pembuatan E-Book (Electronic Book) Dengan Memanfaatkan Fitur Sigil Ver 0.9.4 FORMAT EPUB. Jurnal Fasilkom, 10(3), 228–234. Https://Doi.Org/10.37859/ Jf.V10i3.2301
Anwar Us, K., & Mahdayeni, M. (2019). Penggunan E-Learning, E-Book, E-Journal Dan Sistem Informasi Pendidikan Islam Di Universitas Sriwijaya Palembang. INNOVATIO: Journal For Religious Innovation Studies, 19(1), 43–64. Https://Doi.Org/10.30631/Innovatio.V19i1.81
Danuri, D., & Choirunisa, A. S. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 196–205. Https://Doi.Org/10.30738/Trihayu.V9i2.13710
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. Https://Dinastirev.Org/JMPIS
Kustinayanti, N. L. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 179. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V4i2.32296
Mahelingga, D. E. I. R. (2020). Webinar Dan Akses Ebook Di Masa Pandemi Covid-19. 1–12.
Nindiasari, H., Fatah, A., & Madadina. (2022). E-Module Interactive Of Minimum Competency Assessment: Development And Understanding For Mathematics Teachers. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 339–353. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Kreano
Santhi Dewi, K. H., Jayaningsi, A. A. R., Sudiatmika, I. P. G. A., Fernando, A., & Putra Raspati, Y. A. B. (2023). Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Berdasarkan Sistem Metakognif Pada Taksonomi Marzano. Jurnal Review pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 115–124. Https://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jrpp/Article/View/17730/13780
Septiati, E., Misdalina, M., & Rohana, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Konsep Dasar Bilangan Berbasis Flipped Classroom Bagi Mahasiswa Pgsd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1173. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i2.4976
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. In Alfabeta, Cv.
Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal Of Community Service Learning, 2(3), 177–184. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V2i3.15422
Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub) Menggunakan Software Sigil Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 11–16