ANALISIS PEMBELAJARAN E-LEARNING MENURUT ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN KONSTRUKSIVISME

Main Article Content

Namira Azzahra Mazidah Naimatil Anbiya Bakti Fatwa Anbiya

Abstract

Kemajuan bidang pendidikan dapat dilihat dari ilmu pengetahuan dan teknologinya, dengan memperkenalkan gagasan baru bernama e-learning. Salah satunya berasal dari filsafat konstruktivisme yang melihat peserta didik sebagai factor keberhasilan utama dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk melaksanakan analisis pembelajaran e-learning berdasarkan sudut pandang aliran filsafat konstruktivisme. Penelitian ini memakai metode literature review melalui pencarian tentang pembelajaran e-learning dan filsafat konstruktivisme. Temuan hasil penelitian ini menyatakan bahwa aliran konstruktivisme sangat tepat apabila dikaitkan dengan pembelajaran e-learning dikarenakan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik. Jika dilihat dari pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran e-learning menciptakan pondasi yang kuat untuk menciptakan sebuah pengalaman belajar yang memiliki kebermaknaan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Azzahra, M. Anbiya, and B. Anbiya, “ANALISIS PEMBELAJARAN E-LEARNING MENURUT ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN KONSTRUKSIVISME”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 107-112, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110.
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366.
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis e-learning di era digital. Prosiding Samasta.
Budyastuti, Yuni dan Fauziyati, Endang. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda: Vol 3, No 2, Juli 2021 ISSN 2715 - 5110.
Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA E-LEARNING. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 636–648.
Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran berbantuan e-learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(1), 113–117. https://rumahpublikasi.com/index.php/prokaluni/article/viewFile/36/20.
Dewangga, G. S. (2018). Aspek Pengetahuan Dalam Tuturan Bertanya Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Aspek Pengetahuan Dalam Tuturan Bertanya Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran. Diksi, 25(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v25i1.18850.
Erniwati, dan Ariyani Yuni. (2023). Teori Belajar Konstruktivisme. STIA Nida El-Adabi.
Fadrianto, A. (2019). E-learning Dalam Kemajuan Iptek Yang Semakin Pesat. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 8(4).
Fian et al. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-learning. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Volume 3, No. 2 April 2024. Hal 636-648.
Khasanah, M., & Anbiya, B. F. (2023). Analisis Pemanfaatan E-learning Walisongo dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 85–91.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan teori belajar konstruktivisme melalui model PAKEM dalam permainan bola voli pada sekolah menengah pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. (2020). Pengembangan buku ajar pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani untuk mahapeserta didik S1 pendidikan Jasmani dan kesehatan universitas negeri malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1–12.
Pulungan, R., br Ginting, L. S. D., & Nasution, A. S. (2021). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-LEARNING BERDASARKAN PENGALAMAN MAHAPESERTA DIDIK UMN AL WASHLIYAH. 4(1), 504–507.
Rachmawati, A., & Rusydiyah, E. F. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 1–14.
Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–30. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KU RIKULUM_DAN_TEK. PENDIDIKAN/ 195711211985031-TOTO_RUHIMAT/Prosedur_pembelajara n_di_SD.pdf.
Suderadjat dalam Sutadi, 2007. Hal 133, Karakteristik Pembelajaran.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan.Volume 1, Nomor 2, Juli 2019. Hal 83.
Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta: Kanisi.
Tahrun. (2021). Implementasi E-learning Berbasis Konstruktivisme dalam Pembelajaran Research and Language Teaching. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Palembang, 21 Agustus 2021. Hal 166-175.
Telaumbanua, I. S & Manat S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Bagi Pembelajaran Pak Anak Usia 8 Sampai 10 Tahun Dengan Menggunakan Media Online. Jakarta: Jurnal Dinamika Pendidikan. Volume 15, Nomor 2, Juli 2022. Hal 90-100.
Widodo, A. (2005). Tahapan Pembelajaran yang Konstruktivis: Bagaimanakah Pembelajaran Sains di Sekolah? Seminar Nasional Pendidikan IPA, (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung. September, 1–11.
Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran berbantuan e-learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep †œMerdeka Belajar†dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133