WIRAUSAHA USAHA RUMPUT BELULANG (ELEUSINE INDICA L. ) UNTUK LUKA BAKAR DAN KESEHATAN DI KELURAHAN PASAR TELUK DALAM

Main Article Content

Adam Smith Bago Sri Florina Laurence Zagoto Lies Dian Marsa Ndraha Indah Permata Sari Lase I Made Sutajaya

Abstract

Tujuan pemelitian ini adalah Untuk  mengetahui pemanfaatan rumput belulang (Eleusina indica L.) sebagai obat luka bakar dan kesehatan, cara mengolah rumput belulang (Eleusina indica L.) sebagai obat luka bakar dan kesehatan serta persepsi masyarakat dalam memanfaatkan rumput belulang (Eleusina indica L.) sebagai obat luka bakar dan kesehatan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa rumput belulang dapat mengobati luka, salah satu yaitu pendarahan, luka bakar atau yang lainnya yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, membantu membersihkan organ ginjal, membantu mengobati tipes, membantu menyembuhkan luka pendarahan, membantu penyembuhan radang sendi dan parasit, membantu menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe, mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi, mencerahkan kulit wajah dan memberikan tanggapan positif bagi masyrakat. Simpulan penelitian ini adalah rumput belulang yang sering digunakan untuk kesehatan khususnya masyarakat di Kelurahan Pasar Telukdalam yaitu digunakan untuk membersihkan ginjal, pengobatan tipes, meredekan masalah pencernaan dan mengurangi nyeri dan peredangan sedangkan pemanfaat rumput belulang yang sering digunakan masyarakat di Keluruhan Pasar Telukdalam. Saran dalam penelitian ini adalah Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber informasi tentang materi pemanfaatan rumput belulang.

Article Details

How to Cite
[1]
A. S. Bago, S. F. Laurence Zagoto, L. D. Marsa Ndraha, I. P. Sari Lase, and I. M. Sutajaya, “WIRAUSAHA USAHA RUMPUT BELULANG (ELEUSINE INDICA L. ) UNTUK LUKA BAKAR DAN KESEHATAN DI KELURAHAN PASAR TELUK DALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 480-484, May 2024.
Section
Artikel

References

Anggito. A dan Setiawan. J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa barat: CV Jejak.
Hidayat. 2021. Perkembangan dan Manfaat Obat Herbal Sebagai Fitoterapi. Makassar: CV. Tohar Media.
Kapoe. 2019. Tanaman Obat Keluarga. Padang:PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Kwan, Yusuf. 2009. Makanan Ajaib Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Venom Publisher.
Malik, Budiyanto, Moch, Agus, Krisno. 2008. Membuat Fungsida Organik. Malang : IKAPI.
Rukajat, Andoko, Agus. 2022. Budidaya Dan Peluang Bisnis Jahe. Jakarta : Agromedia Pustaka.
Sukatin, Harahap, M. 2017. Mengenal Sepuluh Tanaman Obat. Jatim:Uwais Inspirasi Indonesia.
Setiawati, Nirwana. 2022. Efikasi Daun Jambu Biji Dan Daun Jambu Mete Sebagai Penyembuhan Luka. Jawa Tengah ; Anggota IKAPI.