TINGKAT KEBUGARAN JASMANI FASE A DI DAERAH LAHAN RAWA SDN TELAGA BIRU 7 BANJARMASIN
Main Article Content
Abstract
Pada umumnya sekolah-sekolah di Banjarmasin daerah lahan rawa cenderung sulit untuk memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk pembelajaran pendidikan jasmani. Kebugaran siswa di Indonesia perlu di perhatikan karena pendidikan jasmani tidak hanya berfokus kepada tingkat kognitif, dan literatur gerak saja tetapi harus juga berfokus kepada kebugaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat kebugaran dan tinggi dan berat badan ideal siswa menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) di lahan rawa Fase A di SDN Telaga Biru 7 Banjarmasin. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti yaiti deskriftif kuantitatif. Populasi pada penelitian kali ini adalah seluruh siswa Fase A, yang berada di kelas 1 dan 2 yang berada pada umur 7-8 tahun. Dengan teknik pengambilan total sampling. Seluruh siswa Fase A berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dalam bentuk tes dan pengukuran. Berdasarkan hasil pengukuran (BMI) terdapat 3 orang siswa yang memilik berat badan normal atau 7,69 % dari jumlah siswa, sedangkan berat badan pada klasifikasi berat badan kurang yaitu 36 siswa atau dari 92,31% jumlah siswa, untuk berat badan yang berlebih atau 0%, tidak ditemui pada siswa di SD Negri Telaga 7 Banjarmasin. Dari hasil tes pengukuran tingkat kebugaran Jasmani di SDN Telaga 7 Banjarmasin tidak terdapat siswa berada pada kategori baik sekali 0%, kategori baik ada 18 siswa atau 46 %, siswa yang memperoleh kategori sedang terdapat 21 siswa atau 54% dari keseluruhan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifin, Syamsul. 2017. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16(1).
Arifvai, Reza Adhi Nugroho, and Ibnu Sina. 2023. “Evaluasi Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Di Kota.” Sport Science and Education Journal 4(1):1–13.
Damsir, Daud, Muhamad Idris, and Rury Rizhardi. 2021. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jolma 1(1):41.
Ginanjar, Agi. 2018. “Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.” Pendidikan Jasmani Olahraga 3(1):122–28.
M. Yoga Dwi Risaldi, Reo Prasetiyo Herpandika, and Budiman Agung Pratama. 2023. “Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk.” SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 4(2):224–32.
Mahfud, Imam, Aditya Gumantan, and Reza Adhi Nugroho. 2020. “Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga.” Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 3(1):56.
Putri, Shena Ananda, Masduki Asbari, and Muhamad Zikri Hapizi. 2024. “Perkembangan Pendidikan Indonesia: Evaluasi Potensi Implementasi Merdeka Belajar.” Journal of Information Systems and Management 03(02):39–46.
Rohmah, Lailatur and Heryanto Nur Muhammad. 2021. “Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah.” Jurnal Universitas Negeri Surabaya 09(01):511–19.
SANDO, MUHAMAD YAKUP WILJI. 2023. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析 Title.” 1–14.
Sobarna, Akhmad, Sumbara Hambali, and Lala Koswara. 2020. “Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 1(1):1–11.
Subandrio, Wahyu and Dwi Cahyo Kartiko. 2021. “Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 1 Purwoasri.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 9(2):177–82.
wahid N, Wildhan and Ari kurniawan W. 2023. “Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 4(1):270–81.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011 Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2014Aenon, Nur, I. Iskandar, and Hendriana Sri Rejeki. 2020. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani.” Jurnal Ilmu Keolahragaan 3(2):149.
Arifin, Syamsul. 2017. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16(1).
Arifvai, Reza Adhi Nugroho, and Ibnu Sina. 2023. “Evaluasi Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Di Kota.” Sport Science and Education Journal 4(1):1–13.
Damsir, Daud, Muhamad Idris, and Rury Rizhardi. 2021. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jolma 1(1):41.
Ginanjar, Agi. 2018. “Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.” Pendidikan Jasmani Olahraga 3(1):122–28.
M. Yoga Dwi Risaldi, Reo Prasetiyo Herpandika, and Budiman Agung Pratama. 2023. “Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk.” SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 4(2):224–32.
Mahfud, Imam, Aditya Gumantan, and Reza Adhi Nugroho. 2020. “Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga.” Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 3(1):56.
Putri, Shena Ananda, Masduki Asbari, and Muhamad Zikri Hapizi. 2024. “Perkembangan Pendidikan Indonesia: Evaluasi Potensi Implementasi Merdeka Belajar.” Journal of Information Systems and Management 03(02):39–46.
Rohmah, Lailatur and Heryanto Nur Muhammad. 2021. “Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah.” Jurnal Universitas Negeri Surabaya 09(01):511–19.
Sobarna, Akhmad, Sumbara Hambali, and Lala Koswara. 2020. “Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 1(1):1–11.
Subandrio, Wahyu and Dwi Cahyo Kartiko. 2021. “Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 1 Purwoasri.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 9(2):177–82.
wahid N, Wildhan and Ari kurniawan W. 2023. “Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 4(1):270–81.