ANALISIS RENDAHNYA DAYA MENYIMAK MAHASISWA

Main Article Content

Yanida Bu’ulolo Osisio Bu’ulolo Sararateoli Telaumbanua Nofiber Mariance Zalukhu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan sebuah hambatan atau factor yang menyebabkan rendahnya keterampilan menyimak mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data secara sistematis, factual dan akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya keterampilan menyimak terdapat dari beberapa factor antara lain factor psikologi, factor internal, factor eksternal dan factor fisik. Oleh karena itu, dosen sangat berperan penting dalam proses meningkatkan daya menyimak mahasiswa.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Bu’ulolo, O. Bu’ulolo, S. Telaumbanua, and N. Zalukhu, “ANALISIS RENDAHNYA DAYA MENYIMAK MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 441-444, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Asmaraningtyas, L., Pratita, I. I., & Amri, M. (2024). Penerapan Teknik Shadowing dalam Kegiatan Menyimak Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X SMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 223–230. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.746
Assyifa, S. N., Iftidiani, D., Nurafiani, S., & Humaira, M. A. (2024). Meninjau Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berbicara Di Depan Kelas. Karimah Tauhid, 3(1),709–717. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9161
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARANBIOLOGI: LITERATURE REVIEW. Journal of Science Education.
Azzizah, D. S. N., Respati, R., & Alia, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Bahasa Sunda melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi. 8(2).
Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Asmaraningtyas, L., Pratita, I. I., & Amri, M. (2024). Penerapan Teknik Shadowing dalam Kegiatan Menyimak Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X SMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 223–230. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.746
Assyifa, S. N., Iftidiani, D., Nurafiani, S., & Humaira, M. A. (2024). Meninjau Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berbicara Di Depan Kelas. Karimah Tauhid, 3(1), 709–717. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9161
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI: LITERATURE REVIEW. Journal of Science Education.
Azzizah, D. S. N., Respati, R., & Alia, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Bahasa Sunda melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi. 8(2).
Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Hidayat, W. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MODEL PAIRED STORYTELLING DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALISARI. 1(2).
Lailiyah, Z. N., Puspita, A. M. I., Ulfiati, N., Alamsyah, M. F. A., & Avrista, S. (2024). ISU ISU KETIDAKSETARAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA: STRATEGI PEMERINTAHAN DALAM MENGATASI KETIDAKSETARAAN TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA". 1(4).
Maulidini, M. (2023). PROBLEMATIKA PENERAPAN MATERI AJAR ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BAGI PEMELAJAR BIPA. 01(02).
Musyadad, V. F. (n.d.). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL.
Nata, E. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL. 8.
Pranata, A. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK.
Putri, W., & Ratna, E. (2020). KORELASI KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883
Salam, R., & Sahabuddin, E. S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR. 09.
Shaffiyah, S. M., & Kosmajadi, E. (2024). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7676
Sugiri, A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN : MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR. 3.
Tarigan, A. S., Lubis, R. S., & Suciati, E. (2023). STRATEGI PENGAJARAN MENYIMAK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII BUDISATRYA MEDAN. 5.
Yunus, A. F., Ramadhany, S., Ramadhani, N. A., Mahmud, Z. S., Ali, H., & Tandirau, D. (n.d.-a). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SDN 8 SAWARU, DESA SAWARU, KECAMATAN CAMBA, KABUPATEN MAROS.
Yunus, A. F., Ramadhany, S., Ramadhani, N. A., Mahmud, Z. S., Ali, H., & Tandirau, D. (n.d.-b). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SDN 8 SAWARU, DESA SAWARU, KECAMATAN CAMBA, KABUPATEN MAROS.